Petani jadi prioritas program pemerataan ekonomi

Petani jadi prioritas program pemerataan ekonomi
ilustrasi

Riauaktual.com - Pemerintah menyatakan masalah lahan menjadi fokus perhatian pemerintah dalam program pemerataan karena masalah lahan menjadi tantangan utama dan harus diselesaikan untuk mengurangi kesenjangan sosial.

"Di Jawa, lahan sudah susah tetapi sebenarnya di kawasan Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur sampai Maluku masih ada. Namun masyarakat tidak bisa mengolahnya kalau dengan tenaganya sendiri-sendiri," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution seperti dikutip kemenkeu.go.id, hari ini.

Kebijakan ini menyoroti masyarakat berpenghasilan rendah. Tidak cukup kalau hanya diberikan kesempatan, tetapi juga perlu modal. Rencananya program pemerataan akan mulai dijalankan pertengahan tahun ini secara terbatas dan berkerja penuh mulai 2018.

Dari sisi permodalan, pemerintah sudah siapkan program Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk membantu petani. Tahun 2017, total alokasi untuk sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan sebanyak 40% atau Rp44 triliun dari Rp110 triliun dana KUR yang digelontorkan.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index