Media sedang tinggalkan era netralitas

Media sedang tinggalkan era netralitas
Budiarto Shambazy

Riauaktual.com - Wartawan senior, Budiarto Shambazy menyatakan media saat ini tengah menuju suatu era yang meninggalkan netralitas.

"Media kita sedang menuju ke suatu era berbeda yaitu era kebebasan. Netralitas semakin ditinggalkan. Media sekarang bebas untuk memberikan dukungan terhadap suatu kelompok dan calon dalam konteks Pilkada yang dianggap bisa membawa perbaikan atau sejenisnya," kata Budiarto Shambazy di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta hari ini, sebagaimana dikutip dari rimanews.

Dasar dari semua ini, menurut Shambazy, adalah berita hoax yang hadir di mana-mana, terutama ketika sosial media menjadi bagian inhern dari kehidupan kita. "Tapi, di sini pemerintah tidak bisa membatasi masyarakat dalam mengakses sosial media," jelasnya.

Shambazy mengungkapkan yang bisa dilakukan pemerintah dalam hal ini hanya membendung melalui pemblokiran laman yang dianggap penebar berita-berita palsu.

"Karena ini adalah kehendak zaman, yang bisa dilakukan pemerintah adalah melakukan penyaringan atau filterisasi dari kontent-kontent portal website yang diindikasikan menyampaikan berita-berita yang salah," paparnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index