Jelang Pilkada Pekanbaru dan Kampar Pemilih Diimbau Hindari Politik Uang

Jelang Pilkada Pekanbaru dan Kampar Pemilih Diimbau Hindari Politik Uang
ilustrasi

Riauaktual.com - Jelang pelaksanaan Pilkada Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya dihimbau untuk tidak terpengaruh dengan adanya money politic atau politik uang yang sering diberikan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk memenangkan satu pasangan calon.

"Untuk masyarakat, jangan sampai terpengaruh terhadap iming-iming uang dari para calon. Gunakanlah hak pilih sesuai hati nurani," kata Hazmi Setiadi, Ketua Komisi A DPRD Riau kepada wartawan, Senin (13/2).

Menurut politisi PAN ini, politik uang merupakan tindakan yang melanggar aturan dalam pelaksanaan Pilkada. Terlebih lagi, bisa merusak sistem pemilihan yang selama ini dikenal dengan jujur dan adil.

"Selain menghindari politik uang, masyarakat pun jangan sampai salah pilih. Kalau salah pilih, bisa-bisa lima tahun ke depan, daerah yang dipimpin oleh pasangan yang dipilih tadi, tidak akan maju," ungkapnya.

Kemudian sebutnya, panitia pengawas pemilu atau Panwasu yang ada di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar mesti melakukan tindakan tegas jika menemukan pelanggaran dalam Pilkada. Salah satunya politik uang.

"Panwaslu harus tegas. Jangan hanya sekedar teori saja. Kalau ada temuan langsung laporkan ke pihak berwajib. Kan ada Gakkumdu atau Penegakan Hukum Terpadu," tutupnya dikutip dari riauterkini.com.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index