Soal Rekrut Naker, PT ESM Dinilai Ingkar Janji

Soal Rekrut Naker, PT ESM Dinilai Ingkar Janji
Puluhan pekerja Subkon PT Pertamina RU II Dumai yang di rumahkan dengan tanpa alasan jelas mendatangi kantor Disnakertrans Kota Dumai.(ft.rel)

Riauaktual.com - System dan mekanisme rekrut tenaga kerja di Kota Dumai sudah jelas, namun masih ada saja perusahaan yang beroperasi di Kota Dumai tidak patuh dengan ketentuan yang ada. Bahkan ada saja perusahaan yang berani merekrut tenaga kerja tanpa melapor ke Disnakertrans Kota Dumai. Contoh salah satunya, adalah PT, Energi Sejahtera Mas (ESM) Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan.

Perusahaan yang ada dibawah payung PT Sinarmas Group itu, diduga kuat telah melakukan rekrut tenaga kerja tanpa melapor ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Dumai dan mengumumkan lowongan kerja di papan pengumuman yang ada di kantor Disnakertrans Jalan Kesehatan Dumai.
 
Kabarnya rekrut tenaga kerja dilakukan secara online, pada hal managemen PT. ESM Lubuk Gaung dalam rapat bersama Disnakertrans Kota Dumai pada bulan Desember 2016 lalu sudah berjanji akan melakukan rekrut tenaga kerja (Naker) sesuai ketentuan yang berlaku. Dan PT. ESM berjanji komitmen untuk mematuhi ketentuan rekrut naker di perusahaan.
 
"PT. ESM tidak komitmen dan mungkir janji, mereka dikabar telah melakukan rekrut sendiri. Jangan menjadikan Disnakertrans ini jadi Kambing Hitam," sesal Kepala Disnakertrans Kota Dumai  Drs. H. Amiruddin, MM.MBA kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (13/2).

Menurut Amiruddin  pihaknya mengetahui adanya rekrut naker di PT ESM Lubukgaung setelah sejumlah pencari kerja mengambil formulir pencari kerja (AK1) di kantor Disnakertrans Kota Dumai. Pencari kerja mengaku memasukan lamaran ke PT. ESM melalui kantor pos.

Sesuai data yang diterima, PT. ESM telah mengumumkan lowongan penerimaan kerja secara online. Dalam pengumuman itu, PT. ESM disebutkan sebagai perusahaan internasional yang memproduksi bahan dasar industri seperti Fatty Alcohol, Fatty Acid dan Glycerine.(rel)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index