Atasi Banjir, Pemko Dumai Siapkan Waduk Penampung

Atasi Banjir, Pemko Dumai Siapkan Waduk Penampung
ilustrasi

Riauaktual.com - Program pengendalian banjir di Kota Dumai terus diupayakan pemerintah daerah, salah satu rencana untuk membentuk waduk penampungan memanfaatkan Danau Buatan di Kelurahan Bukit Jin Dumai.

Wali Kota Dumai Zulkifli As mengatakan, rencana menjadikan Danau Bunga Putri Tujuh untuk waduk pengendalian banjir ini mendapat dukungan anggaran pusat puluhan miliar rupiah.

"Lokasi danau buatan akan kita jadikan waduk penampungan air agar ketika hujan limpahan air tidak merembes kemana mana, dan program ini didukung anggaran pemerintah pusat," kata Zul As, seperti dikutip dari antarariaucom, kemarin..

Dikatakan, lokasi danau buatan menampung air hutan setelah dijadikan waduk bisa dimanfaatkan juga untuk pengembangan objek wisata alam dikelola pemerintah dan akan dilakukan penataan.

Selain itu, pengendalian banjir direncanakan juga dengan program normalisasi Sungai Dumai ditaksir membutuhkan anggaran sekitar Rp300 miliar.

Karena keterbatasan anggaran, daerah sudah mengajukan usulan bantuan ke pusat untuk normalisasi sungai, namun disyaratkan agar lahan 30 meter kiri kanan daerah alur sungai dibebaskan.

"Saat ini sedang diupayakan pembebasan lahan tiga puluh meter kiri kanan alur sungai agar usulan bantuan anggaran bisa diraih," sebut Zulkifli.

Selain itu, kepala daerah juga mengimbau warga untuk membuat sumur resapan air dan penanaman pohon di rumah guna pengendalian banjir di lingkungan sendiri.

Sumur resapan di lingkungan pemukiman seharusnya ada sebagai penampungan air agar disaat hujan tidak menggenangi daratan.

"Sumur resapan untuk menampung air ini salah satu untuk pengendalian banjir supaya di lingkungan kita ada wadah menampung air," katanya.

Disebutkan, upaya lain yang bisa dilakukan masyarakat mengendalikan banjir adalah menanam pohon penghijauan di rumah dengan perawatan baik dan juga bermanfaat untuk kehidupan masa mendatang anak cucu.

"Warga juga kita imbau untuk giatkan gotong royong membersihkan parit dan sampah di lingkungan sendiri agar terhindar dari ancaman banjir," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index