Dinas LHK Riau tangkap alat berat di hutan konsesi Kampar

Dinas LHK Riau tangkap alat berat di hutan konsesi Kampar
Alat berat di hutan konsensi Kampar. ©2017 Merdeka.com/abdullah sani

Riauaktual.com - Tim Patroli Gabungan mengamankan satu unit alat berat eskavator yang tertangkap tangan saat sedang membuka kawasan hutan untuk dijadikan kebun kelapa sawit. Saat ini, eskavator tersebut dibawa ke kantor polisi kehutanan Riau disita sebagai barang bukti kejahatan lingkungan.

"Iya benar. Alat berat tersebut tertangkap tangan beraktivitas menggarap hutan konsensi untuk dijadikan kebun sawit. Saat ini sudah kita amankan untuk pemeriksaan lanjutan," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan propinsi Riau Yulwiriati Moesa sebagaimana dikutip dari merdeka.com Sabtu (11/2).

Yul menegaskan, pihaknya akan terus menggencarkan patroli untuk memantau hutan-hutan milik negara yang senantiasa diintai sekelompok orang untuk dijadikan perkebunan kelapa sawit. Sebab, penggarapan areal hutan yang berdampak pada kerusakan lingkungan di Riau.

"Kita tidak akan membiarkan tangan-tangan mereka merusak lingkungan, seperti yang dilakukan pemilik alat berat tersebut" tegas Yul.

Tim Seksi Penegakan Hukum Dinas LHK Riau mengamankan alat berat di kawasan Hutan Produksi Areal Konsesi IUPHHK -HTI PT PSPI Desa Padang Sawah Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar Riau.

Saat ini, petugas sedang mencari siapa cukong atau pemilik modal yang menyuruh operator alat berat itu untuk menggarap lahan yang seharusnya dijaga tersebut.



Sumber : merdeka.com

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index