Bandara Tapanuli Utara kini bisa tampung pesawat besar

Bandara Tapanuli Utara kini bisa tampung pesawat besar
ilustrasi

Riauaktual.com - Pemerintah akan meluaskan area landasan pacu Bandara Silangit di Tapanuli Utara sehingga bisa ke depan pesawat-pesawat berbadan besar seperti Boeing 737 bisa mendarat dengan mulus.

"Diharapkan Oktober 2017 Bandara Silangit sudah dapat didarati seluruh jenis pesawat, termasuk jenis Boeing 737-800," kata Direktur Utama Angkasapura II, Muhammad Awaluddin seperti dikutip angkasapura.co.id hari ini.

Saat ini, di Sumatera Utara baru Bandara Kuala Namu yang bisa didaratkan pesawat berbadan besar itupun setelah Bandara Kuala Namu mengalami perluasan. Dengan adanya penambahan dari Bandara Silangit ini ada dua bandara di Sumut yang bisa menampung pesawat berbadan besar.

Selain landasan pacu, perluasan juga dilakukan di daya tampung penumpang. Pengembangan yang ditargetkan selesai Oktober 2017 ini menjadikan Bandara Silangit memiliki daya tampung hingga 500 ribu penumpang dan  dapat didarati semua jenis pesawat, termasuk Boeing 737-800.

Awaluddin menjelaskan anggaran sebesar Rp 350 miliar yang telah disiapkan akan dimanfaatkan secara bertahap. Tahap awal akan dimulai dengan perluasan area terminal dari 500 meter saat ini  menjadi 1.700 meter.  Sehingga daya tampung Bandara Silangit akan meningkat dari saat ini 15.000 penumpang menjadi  500 ribu penumpang per tahun.

"PT Angkasa Pura II telah menyiapkan anggaran Rp 350 miliar yang digunakan secara bertahap," ujar Awaluddin.

ppengembangan Silangit merupakan prioritas guna mendukung program Pemerintah yang telah menetapkan kawasan Danau Toba salah satu dari 10 destinasi pariwisata nasional. Untuk saat ini Bandara Silangit sudah didarati pesawat jenis ATR, Bombardir dan yang paling besar adalah jenis Boeing 737-500.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index