Pilkada Pekanbaru Hitungan hari, KPU Terus Gesa Persiapan

Pilkada Pekanbaru Hitungan hari, KPU Terus Gesa Persiapan
ilustrasi

Riauaktual.com -  Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Pekanbaru, yang tinggal menghitung hari, membuat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pekanbaru terus melakukan berbagai persiapan, terutama persiapan kelengkapan logistik

Devisa Logistik KPU Kota Pekanbaru Yelli Noviza mengaku, saat ini pihaknya tengah melakukan pematangan untuk persiapan pengepakan yang dilakukan oleh pihak Panitia Pemungutan Suara (PPS)

"Alhamdulilah hari ini sudah tahapan pengepakan oleh PPS untuk kelurahan ke 9 pemasukkan alat kelengkapan logistik kedalam kotak suara, dan hari Sabtu besok sudah final," Ungkap Yelli Nozila di KPU kota Pekanbaru, Jumat (10/2).

Setelah proses pengepakan selesai, lanjut Yelli, proses pendostribusian ke tingkat kelurahan akan segera dilakukan dan akan mendapat pengawalan dari pihak kepolisian.

"Insyaallah, Hari minggu dan Senin udah selesai didistribusikan ke kelurah-kelurahan," tuturnya.

Sementara saat ditanya terkait kendala dalam proses pendistribusian, Yelli mengaku tidak banyak kendala yang dihadapi, mengigat kondisi Kota Pekanbaru yang strategis.

"Saat ini masih aman dan terkendali, tidak ada masalah berarti. Mungkin nanti pendistribusian ke daerah perbatasan seperti perbatasan Siak tepatnya daerah gelringging itu yang mungkin agak sulit prosesnya," ucapnya

Sementara Ketua KPU Kota Pekanbaru Amiruddin Sijaya didampingi Komisioner KPU Abdul Raza juga mengatakan, surat suara yang dicetak sebanyak 587.192 surat suara yang merupakan jumlah DPT sebanyak 572.029 ditambah dua setengah persen sebagai cadangan.

"Jumlah DPT yang sudah kita plenokan sebanyak 572.029 jumlah tersebut merupakan 72 persen dari jumlah penduduk masuk dalam data pemilih,"

Sementara saat ditanya lagi soal jumlah Surat keterangan (Suket) pengganti E-KTP bagi pemilih yang tidak terdata di DPT, Amiruddin menjelaskan pemilih atau masyarakat bisa menggunakan Suket yang dikeluarkan oleh Disdukcapil Pekanbaru.

"Bagi masyarakat yang tidak terdata di DPT, bisa menggunakan suket pengganti KTP, Suket ini hanya dikeluarkan oleh Disdukcapil hingga satu hari sebelum Pilkada dilakukan, dan target Suket oleh Disdukcapil ini mencapai 15 hingga 16 ribu," jelasnya.

Untuk itu, kepada lapisan masyarakat Kota Pekanbaru, kembali diingatkan untuk bisa berpartisipasi menggunakan hak suaranya pada 15 Februari 2017.

"Kami harap semua berjalan lancar, dan kita sudah sosialisasikan kepada berbagai pihak dan masyarakat, jadi tidak alasan lagi untuk golput, mari memilih dengan cerdas," pungkasnya. (DWI)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index