Dari 3 Even Budaya Berskala Nasional, Satu Diantaranya Pacu Jalur

Dari 3 Even Budaya Berskala Nasional, Satu Diantaranya Pacu Jalur
ilustrasi pacu jalur

Riauaktual.com - Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) patut bersyukur dan berbangga diri karena salah satu obyek wisata budayanya masuk ke dalam tiga event budaya berskala nasional.

Selain pacu jalur, objek wisata di Riau yang masuk dalam even budaya berskala nasional oleh Kementrian Pariwisata dan Kebudayan RI adalah festival Bono di Kaabupaten Pelalawan dan Ritual Bakar Tongkang di Bagan Siapi-api Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

"Alhamdulillah Kita pantas bersyukur, pacu jalur bersama festival Bono di Pelalawan dan ritual Bakar Tongkang di Bagan Siapi-api Rohil ditetapkan menjadi event wisata berskala nasional di provinsi Riau," ujar Sekda Kuansing, H Muharman M.Pd kepada wartawan, Kamis kemarin di Teluk Kuantan.

Menurut Muharman, dengan telah dijadikannya sebagai kalender wisata nasional oleh Kementrian Pariwisata dan Kebudayaan, maka pacu jalur akan semakin dikenal oleh masyarakat seluruh Indonesia bahkan secara internasional.
Pasalnya menurut Muharman, kementrian tentu akan mempromosikan event pacu jalur tersebut ditingkat nasional dan internasional melalui gerakan promosi yang akan mereka lakukan dalam menggenjot kedatangan Wisman ke Indonesia.

Oleh sebab itu masyarakat Kuansing perlu meningkatkan sadar wisata guna terciptanya suasana yang kondusif aman tertif dan tentunya akan amembuat nyaman para turis baik dari dalam negeri maupun dari luar.

Kemudian dengan masuknya sebagai kalender wisata nasional, Muharman berharap kepada Pemerintah Propinsi Riau dan pusat agar memberikan bantuan dan menganggarkan pada APBD Propinsi dan APBN.

"Kita harapkan Pemerintah Pusat dan propinsi mengalokasikan anggaran pembenahan arena pacu jalur tepian Narosa Teluk Kuantan sekaligus sarana dan prasrana untuk kelancaran pacu jalur sendiri," ujarnya. (am)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index