Tol laut bisa turunkan harga komoditas

Tol laut bisa turunkan harga komoditas
tol laut surabaya

Riauaktual.com - Presiden Joko Widodo membuktikan bahwa pembangunan tol laut bisa mengurangi harga sebuah komoditas di suatu wilayah karena biaya antar jadi lebih murah dan efisien.

"Ini sudah dicek harga turun antara 20 persen sampai 30 persen karena adanya rute-rute baru, adanya kapal-kapal baru," kata Presiden seperti dikutip kemenkeu.go.id hari ini.

Tol Laut merupakan konsep pengangkutan logistik kelautan yang dicetuskan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Program ini bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di nusantara. Dengan adanya hubungan antara pelabuhan-pelabuhan laut ini, maka dapat diciptakan kelancaran distribusi barang hingga ke pelosok.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo mendapatkan keluhan dari para nelayan yang tidak bisa melaut pada saat musim ombak. Hal ini dikarenakan kapal yang digunakan para nelayan merupakan kapal kecil yang tidak bisa berlayar pada saat musim ombak.

"Tahun ini di sini juga akan ditambah lagi kapal besar 1500 GT karena tadi saya mendengar banyak keluhan kalau pas musim ombak yang 500 GT ini kadang-kadang berani, kadang-kadang tidak berani jadi memang perlu yang lebih besar," ucap Presiden.

Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa saat ini pemerintah berencana menambah 7 rute dan 100 kapal rakyat untuk masyarakat seluruh Indonesia. "Untuk seluruh Indonesia tahun ini akan tambah lagi tujuh rute plus 100 kapal," jelas Presiden.

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index