APBD Bengkalis 2017 Tidak Akan Terjadi Rasionalisasi

APBD Bengkalis 2017 Tidak Akan Terjadi Rasionalisasi
Bupati bersama kejari Siak lakukan tanda tangan kesepakatan terhadap pembinaan penggunaan APBD Tahun 2017 antara Pemerintah Daerah dengan kejari Siak

Riauaktual.com - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bengkalis tahun 2017 hampir dipastikan tidak akan terjadi rasionalisasi seperti pada tahun anggaran 2016. Besaran APBD Bengkalis tahun 2017 mencapai Rp 3,6 Triliun, terdiri dari belanja langsung dan tidak langsung.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bengkalis Bustamy HY ketika dikonfirmasi, Rabu kemarin, terkait kemungkinan terjadinya rasionalisasi anggaran. Ia menyebutkan bahwa rincian pembiayaan pada tahun 2017 sudah melalui perhitungan yang cermat serta koordinasi dengan pemerintah pusat menyangkut besaran anggaran khususnya penerimaan pada dana bagi hasil (DBH) minyak dan gas (Migas).

"Kemungkinan besar pada tahun 2017 ini tidak akan terjadi rasionalisasi anggaran seperti tahun 2016 lalu. Penghitungan anggaran sudah proprosional dan sesuai dengan penerimaan daerah yang didistribusikan pada kegiatan sepanjang tahun 2017," jelas Bustamy, seperti yang dikutip GoRiau.com (GoNews Grup).

Disampaikan, kalaupun terjadi perubahan anggaran dan pembiayaan akan dilakukan pada APBD Perubahan seperti yang dilakukan seluruh daerah di Indonesia. Sumber penerimaan daerah khususnya kabupaten Bengkalis yang terbesar dari DBH Migas serta pendapatan pajak dan retribusi, kemudian sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa).

Ditanya mengenai realisasi APBD tahun 2017, Bustamy menyebut saat ini masih dilakukan penyusunan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) untuk SKPD. APBD Bengkalis sendiri sejak beberapa waktu lalu telah selesai dilakukan verifikasi Pemprov Riau dan dalam bulan Februari penyusunan DPA sudah tuntas.

"Selambatnya bulan Maret, kegiatan-kegiatan di SKPD sudah dapat dilaksanakan, setelah dilakukan penyerahan DPA kepada kepala SKPD nantinya," tukas mantan Kabag Keuangan Setdakab Bengkalis ini.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index