Wiih ! Cabai DIY jadi rebutan daerah lain

Wiih ! Cabai DIY jadi rebutan daerah lain
cabe

Riauaktual.com - Kepala Subbidang Distribusi Pangan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan DIY Sumaryatin mengatakan cabai rawit merah asal daerah itu banyak diminati konsumen daerah lain seperti Jakarta dan Bandung.

"Peminat cabai yang berasal dari DIY cukup banyak. Rasa cabainya diminati konsumen dari Jakarta dan Bandung," kata Sumaryatin hari ini, sebagaimana dikutip dari Antara.

Harga cabai di DIY masih di bawah harga pasaran di daerah lain. Karena itu, banyak petani cabai asal DIY memilih menjual cabainya ke daerah lain karena harga yang lebih tinggi. Pasokan ke pedagang di DIY persentasenya hanya 25 persen, selebihnya dipasok ke luar daerah seperti Jakarta, Bandung, dan Semarang.

Meski demikian, menurut Sumaryatin, berdasarkan pantauan di pasaran stok cabai di tingkat pedagang tidak ada kelangkaan atau mencukupi kebutuhan masyarakat.

"Kebutuhan cabai di DIY sudah tercukupi jadi sisanya oleh petani ya dijual ke pasar di luar DIY. Kami belum memiliki kebijakan men-stop distribusi cabai petani, kami serahkan ke pasar," kata dia.

Harga cabai masih melonjak

Sementara itu harga cabai rawit merah di Pasar Tradisional Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, naik lagi menjadi Rp120.000 per kg, padahal sehari sebelumnya berada pada posisi Rp95.000 per kg.

"Kami melaksanakan pemantauan di pasar tradisional Rangkasbitung harga cabai rawit mencapai Rp120.000 per kilogram," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebak Orok Sukmana.

Harga naik lagi akibat pasokan relatif terbatas, sedangkan permintaan cenderung meningkat. Harga sudah berfluktuasi akibat curah hujan tinggi dalam dua bulan terakhir padahal jika kondisi begitu tanaman cabai mudah terserang hama sehingga petani tidak bisa panen maksimal.

"Kami menilai kenaikkan harga cabai itu akibat cuaca buruk," kata Orok.

Sejumlah ibu rumah tangga Rangkasbitung mengaku terpaksa membeli cabai rawit dengan eceran karena harga sudah tidak terjangkau.

 

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index