STIAN Bengkalis Kembali Lakukan SPMB

STIAN Bengkalis Kembali Lakukan SPMB
ilustrasi

Riauaktual.com - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis kembali melakukan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Tahun 2017/2018 untuk putra-putri terbaik.

Ketua STAIN Bengkalis Prof. Dr. H. Samsul Nizar, MA dalam paparannya pada acara silaturahim dan sosialisasi yang di pusatkan di Kampus STAIN dan diikuti 58 Kepala Sekolah dan operator  bahwa, SPMB pada STAIN Bengkalis dibagi dalam tiga jalur, yaitu: Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN), Jalur Ujian Masuk (UM-PTKIN) dan Jalur Ujian Mandiri (UMAN-PTKIN).

Jalur SPAN –UM PTKIN 2017 STAIN Bengkalis  telah dibuka secara resmi dengan ditandai Lounching SPAN PTKIN oleh Menteri Agama RI di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

“Pendaftaran Jalur SPAN – PTKIN dilakukan secara online dimulai 02 Februari sd 07 April 2017 (lihat detailnya di Pendaftaran Online SPAN-UM PTKIN 2017), Jalur UM – PTKIN dimulai 10 April sd 10 Mei 2017 dan pada Jalur UMAN-PTKIN dimulai 19 Juni sd19 Juli 2017” terang Prof Samsul

Untuk diketahui oleh calon Mahasiswa Baru STAIN Bengkalis  Tahun 2017/2018, SPAN PTKIN adalah jalur masuk khusus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri melalui jalur undangan dengan menggunakan nilai rapot siswa berprestasi yang mendaptkan rekomendasi dari sekolah untuk mendaftar jalur ini.

“Setiap jalur masuk akan memprioritaskan beberapa keunggulan, jika berbicara mengenai SPAN PTKIN maka akan berbicara mengenai Prestasi dengan rekomendasi sekolah, dimana peserta harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah asal untuk bisa mendaftar jalur ini, selebihnya akan dikembalikan pada sekolah dan kepala sekolah yang mengirimkan nilai rapot. Kalau disamakan SPAN – PTKIN sama seperti SNMPTN hanya saja SPAN-PTKIN khusus untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, penerimaannya serentak dengan jalur Nasional” ujarnya

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh STAIN/UIN/IAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN. Sementara untuk Jalur UM-PTKIN dan UMAN-PTKIN dikenakan biaya pendaftaran yang besarannya ditetapkan oleh panitia pusat

Lebih lanjut disampaikan Profesor Samsul, Sebagai kampus yang mencirikan tentang kajian keislaman dan kemelayuan,  STAIN Bengkalis telah memiliki 14 Program Studi diantaranya Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Manajemen Pendidikan Islam, Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Akutansi Syariah, Manajemen Keuangan Syariah, Siyasa Syar’iyyah (hokum tata Negara Islam), Ahwal Syakhshiyah (hokum keluarga Islam), Manajemen Dakwah, Komunikasi dan penyiaran Islam dan Sosiologi Agama.

“STAIN Bengkalis juga menyediakan sejumlah beasiswa diantaranya, beasiswa bidik misi, beasiswa prestasi Akademik, beasiswa tahfidz dan lainnya” tutur Profesor kelahiran Bengkalis ini. (Put)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index