Pemkab Inhu Akan Mencoba Pilkades Sestim Elektronik

Pemkab Inhu Akan Mencoba Pilkades Sestim Elektronik
pilkades

Riauaktual.com - Plt Sekeretaris Daerah (sekda) Pemerintah Daerah Kabupaten Inhu, H Hendrizal mengatakan Pemerintah Kabupaten Inhu akan mencoba pemilihan kepala desa (Pilkades) dengan sistim elektronik.

Tahun ini ada sekitar 39 desa yang akan melakukan Pilkades secara serentak di kabupaten inhu, tapi dari 39 desa yang melakukan Pilkades serentak tahun 2017 ini, hanya satu desa dicoba pilkades sestim elektronik.

"Saat ini kita sedang konsultasi dengan Pemerintah Pusat apakah bisa Pilkades menggunakan sistim elektronik. Kalau nanti bisa dilakukan Pilkades dengan sistim elektronik, maka akan dicoba satu desa," ujar Plt sekda Inhu kepada wartawan, hari ini.

Terkait Desa mana ditetapkan nantinya Pilkades dengan sistim elektronik tersebut, masih sedang dalam proses bersama-sama dengan pihak instansi terkait Pemerintah Kabupaten Inhu.

"Mudah- mudahan proses ini cepat selesai, sebab dinas kominfo Pemerintah Inhu sedang ke Jakarta untuk konsultasi tentang Pilkades sistim elektronik tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, Perda tentang Pilkades serentak sudah disahkan DPRD Inhu kemarin, tinggal pembuatan Peraturan bupati (perbup) Inhu yang saat ini sedang berjalan.

"Mudah - mudahan pelaksanaan Pilkades serentak di kabupaten Inhu pada bulan Oktober mendatang berjalan dengan baik. Dimana sesuai laporan staf data terakhir jumlah desa untuk pelaksanaan Pikades secara serentak di Kabupaten Inhu sebanyak 39 Desa," ucapnya. (Obe)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index