Pemprov Riau Sisihkan Silpa APBD Untuk BUMD

Pemprov Riau Sisihkan Silpa APBD Untuk BUMD
sekda prov

Riauaktual.com - Pemerintah Provinsi Riau akan sisihkan hasil silpa APBD 2016 untuk membantu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Rencana itu sendiri masih dalam kajian dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda).

"By process. Jika nantinya sudah ada perangkat Perda yang membolehkan itu, mungkin saja hal ini bisa dilakukan," kata Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi, sebagaimana ikutip dari Mc Riau hari ini.

Secara prinsip, Pemprov Riau tidak mempermasalahkan silpa APBD Riau disalurkan untuk penyetaan modal untuk perusahaan berplat merah tersebut. Meski begitu, penyertaan modal dilakukan atas dasar kesepakatan Pemprov Riau selaku pemegang saham terbesar bersama dengan DPRD.

Ada pun alasan bantuan keuangan untuk BUMD tersebut semata-mata untuk membantu keuangan perusahaan yang sebagian besar masih 'belum mandiri'. Sebelumnya, orang nomor satu dikalangan administrator tertinggi dikalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Riau ini juga beberapa kali sempat mengkritisi buruknya kinerja BUMD Riau.

Bahkan menurutnya, perusahaan plat merah yang hanya menggrogoti keuangan daerah khususnya Riau Airlines (RAL) sebaiknya difailidkan saja. Ada pun silpa BUMD Riau sebesar Rp1,5 triliun.

Disisi lain dalam hal penyerapan APBD Riau malah over estimasi. Dengan kata lain realisasi APBD cukup baik dari tahun sebelumnya. "Itu hasil kerja keras semua pihak di Pemprov Riau. Orang kita kerja siang malam. Targetnya tahun ini realisasi membaik lagi," ungkap Hijazi.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index