Sabtu, UIR Wisuda 1.538 Lulusan

Sabtu, UIR Wisuda 1.538 Lulusan
ilustrasi

Riauaktual.com - Universitas Islam Riau (UIR) kembali meluluskan 1.538 alumni program diploma, sarjana dan program magister pada wisuda sarjana ke-71 dan pascasarjana ke-34 yang akan dilaksanakan pada Sabtu (4/2). Rencananya prosesi wisuda akan dilaksanakan di Gelanggang Olah Raga (GOR) Indoor Volley UIR.

Berdasarkan data dari Universitas Islam Riau untuk wisuda periode pertama ditahun 2017 ini meningkatkan dari periode sebelumnya 2016. Bila wisuda September 2016 lalu UIR meluluskan 1.185 mahasiswa, maka untuk wisuda kali ini sebanyak 1.538 lulusan.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) masih menjadi fakultas yang paling banyak meluluskan alumni pada wisuda kali ini, yakni dengan jumlah lulusan 690 lulusan, kemudian diikuti Fakultas Ekonomi dengan jumlah 227 lulusan, dan urutan ketiga fakultas terbanyak yang menghasilkan lulusan adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yakni sebanyak 115 lulusan.

Selanjutnya berturut-turut, Fakultas Taknik 75 lulusan, Fakultas Hukum 72 lulusan, Fakultas Pertanian 62 lulusan, Fakultas Agama Islam (FAI) 59 lulusan, Fakultas Psikologi 30 lulusan dan Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) sebanyak 26 lulusan.

Sedangkan untuk lulusan Program Pascasarjana wisuda kali ini juga meningkat dari 45 lulusan menjadi 122 lulusan untuk wisuda periode 1 2017 ini.

Rektor UIR, Prof. Dr. Detri Karya, SE, MA, Kamis (2/2) berkata, bahwa UIR setiap tahunnya UIR melakukan wisuda sebanyak tiga kali, yaitu di bulan Januari, Mei dan bulan September. Pada tahun 2016 UIR katanya telah meluluskan sebanyak 3.801 magister, sarjana, diploma.

“Wisuda periode pertama 2017 ini seharusnya Januari lalu, namun baru 4 Februari ini bisa kita laksanakan. Secara keseluruhan jumlah wisudawan kita baik magister, sarjana, dan Diploma naik dari periode III 2016 lalu. Wisuda besok ini jumlahnya 1.538 lulusan. Jadi totalnya nanti jumlah alumni kita sudah mencapai 44.737 orang” jelas Rektor.

Sementara itu, untuk pemuncak wisuda tingkat Universitas adalah atas nama Rosna Yuliza dari program studi Teknik Perminyakan, Fakultas Teknik dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,91. Untuk program Pascasarjana IPK tertinggi adalah 3,82 atas nama Made Devi Wedayanti dari programstudi Ilmu Admisnitrasi.

Rektor UIR, mengharapkan lulusan UIR yang akan di wisuda nantinya, dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama di UIR. UIR katanya bertekat lulusan-lulusan UIR berguna bagi masyarakat banyak dan mudah diterima di dunia karja.

“Sejak beberapa tahun ini kita sebelum wisuda kita laksanakan, kita membekali calon wisudawan dengan pelatihan atau kiat menghadapi dunia kerja dan kiat-kiat berwirausaha. Melalui pelatihan ini, para lulusan kita sudah siap untuk menghadapi dunia kerja. Tentunya juga ilmu yang diperoleh dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,”katanya. (rls/nik)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index