Usulkan Program Latihan untuk Warga Binaan

Kepala Rutan Dumai Silaturrahmi ke Disnakertrans Dumai

Kepala Rutan Dumai Silaturrahmi ke Disnakertrans Dumai
Kadisnakertrans Dumai H. Amiruddin sedang berbincang-bincan dengan Kepala Rutan Kelas II B Dumai Edi Mulyono (rel)

Riauaktual.com - Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Dumai Edi Mulyono melakukan kunjungan ke Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Dumai yang terletak di Jalan Kesehatan Kelurahan Teluk Binjai Kecamatan Dumai Timur, Kamis (2/2).

Tujuan kunjungan mantan kepala Rutan Bagan Siapi-api Kabupaten Rokan Hilir itu, selain bersilaturrahmi juga mempertanyakan program-program pelatihan yang ada di Disnakertrans Dumai.

"Kedatangan kami ingin menanyakan tentang kegiatan dan program yang ada di Disnakertrans seperti progran pelatihan. Kalau ada program pelatihan kami mengusulkan supaya Disnakertrans mengadakan di Rutan Dumai agar warga binaan di Rutan Dumai memiliki keterampilan sehingga setelah bebas mereka sudah punya bekal untuk dikembangkan," ujarnya.

Menurut Edi Mulyono, penghuni Rutan Kelas II B Dumai seramai 840 orang. Dari jumlah itu 100 persen penghuni Rutan adalah warga Dumai, karena itu sangat diperlukan keikutsertaan pemerintah Kota Dumai untuk membinanya.

"Dengan ada pembinaan dan pelatihan keterampilan, kita berharap setelah bebas mereka tidak lagi melakukan hal-hal yang berlawan dengan hukum dan dapat mengembangkan keterampilan yang telah diberikan," terang Edi.

Kadisnakertrns Kota Dumai Drs. H. Amiruddin,MM.MBA menyambut baik usulan yang disampaikan kepala Rutan Dumai tersebut. Tetapi dengan keterbatasan anggaran pemerintah Kota Dumai di pos kegiatan Disnakertrans Dumai tahun 2017, Amiruddin belum dapat memastikan apa yang diharapkan kepala Rutan Dumai tersebut.

"Kita lihat dulu apakah ada ata tidak anggaran untuk program kegiatan pelatihan tahun ini, kalau ada kita upayakan untuk mengelar pelatihan untuk  warga di Rutan Dumai nanti," sebutnya.

Mengingat anggaran yang ada di pos kegiatan Disnakertrans Dumai sangat terbatas, kata Amiruddin, pihaknya akan coba mengandeng perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Dumai melalui program CSR supaya bisa bekerjasama membuat progam pelatihan dan keterampilan untuk warga Dumai yang ada di Rutan Dumai.

"Kita coba nanti berkoordinasi dengan pihak perusahaan yang ada di Kota Dumai ini, melalui program CSR supaya membuat program pelatihan dan keterampilan untuk warga binaan di Rutan Dumai," paparnya. (rel)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index