DPRD Kecewa Sistem Drainase di Kota Pekanbaru Masih Buruk

DPRD Kecewa Sistem Drainase di Kota Pekanbaru Masih Buruk
Ali Suseno

Riauaktual.com -  Kembali, Kota Pekanbaru digenangi air karena derasnya hujan yang turun. Jalanan dalam kota seketika berubah seperti anak sungai. Akibatnya, pagi tadi Selasa (31/1/2017) terjadi kemacetan parah di berbagai ruas jalan.

"Kondisi tadi pagi, dengan kondisi hujan yang deras sejak tengah malam, membuat air menggenang di mana-mana tidak terlepas di jalan raya. Ini dikarenakan sistem drainase kita yang masih buruk," ungkap Sekretaris Komisi IV DPRD kota Pekanbaru, Ali Suseno, Selasa siang kepada sejumlah wartawan.

Menurut politisi Hanura ini, hal ini perlu menjadi perhatian pemerintah. Karena kondisi ini memang sudah sekian lama terjadi, ketika hujan turun melebihi waktu satu jam, maka jalanan di Kota Pekanbaru seketika berubah seperti anak sungai.

"Kami dari Komisi IV pun sudah berulang kali menyampaikan kepada dinas terkait untuk mencari solusi megatasi bajir. Sehingga penting adanya kajian yang mendasar, yang kemudian hari mengenai hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan banjir tidak menjadi momok menakutkan lagi bagi masyrakat Pekanbaru. Kalau perlu pemko melalui dinas terkait dan DPRD duduk bersama mencarikan solusi terkait banjir ini," pintanya.

Ketika jalanan digenangi air, maka akan terjadi kemacetan. Atas kondisi ini, Ali Suseno berharap agar aparat kepolisian dari Satlantas turun untuk mengatur lalu lintas. Karena kejadian tadi pagi, beberapa ruas jalan yang macet tidak ada Satlantas, malahan yang mengarahkan pengendara dan mengatasi kemacetan hanya beberapa masyarakat dengan swadaya mengatur arus lalu lintas agar kemacetan tidak semakin parah.

"Kita harap pihak kepolisian tanggap ke titik-titik rawan kemacetan jika hujan turun. Dengan cepat tanggapnya kepolisian dalam megatur lalu lintas sehingga kemacetan tidak berlangsung lama, begitupun degan Dinas Perhubungan," pungkas Ali Suseno.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index