Upaya Pemkab Dorong Kreatifitas Anak Muda

Syamsuar: Ekraf di Siak Bisa Dikembangkan

Syamsuar: Ekraf di Siak Bisa Dikembangkan
Syamsuar ketika berbincang bersama wartawan di Bandara Husein Sastranegara Bandung

Riauaktual.com - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengaku setelah bertemu para praktisi di Bandung creative city forum (BCCF) ingin membuat lembaga serupa di Siak. Dan mengharapkan kedepan lembaga yang terbentuk di Siak nanti bisa bertukar ilmu maupun produk dengan BCCF tersebut.
 
Hal ini disampaikan Syamsuar kepada wartawan di Bandara Husein Sastranegara Bandung beberapa waktu lalu. Menurut dia, pengembangan ekonomi kreatif (Ekraf) tidak bisa ditunda lagi seiring dengan pengembangan sektor pariwista.

"Saya kira Siak punya sumber daya manusia yang memiliki talenta baik, sehingga ekraf di Siak bisa dikembangkan dan sangat menjanjikan," ujar Syamsuar.

Dia merasa sangat yakin jika ekraf berkembang, tingkat pengangguran bisa ditekan serendah mungkin. Artinya, Bupati dua periode ini ingin lembaga serupa BCCF yang ada di Siak nanti menjadi pendorong berkembangnya ekraf di Siak dan merubah cara berpikir orang muda yang tidak selalu berkegiatan bergantung dari dana Pemda.

"Intinya anak muda harus optimis setiap melihat, mendengar masalah sosial dan ekonomi yang ada di masyarakat. Dia akan berusaha mencari solusinya dengan cara yang kreatif dan tidak tergantung pada bantuan atau pertolongan dari orang lain," ujarnya.

Dikatakan Syamsuar, hal ini jelas sebuah kesempatan besar yang dimiliki anak muda di Siak. Karena pemerintah mendukung penuh terciptanya iklim kreatif.  

"Saya merasakan sekali untuk berusaha dan berkratifitas tanpa dukungan pemerintah akan bergerak lambat dan butuh perjuangan lebih. Namun proses kreatif tersebut tetap saja bermula dan muncul dari bawah. Artinya sebesar apa pun dukungan pemerintah tapi orang muda tetap enggan untuk bergerak, tetap saja tidak akan menghasilkan apa-apa. Dan dengan perkembangan zaman, bisa jadi nanti orang-orang dari negera lain yang akan mengisi kekosongan yang ada di Siak dan kita hanya jadi penonton," tukasnya. (jas)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index