Bina kepribadian dan kepemimpinan, mahasiswa UMRI ikuti P2KK

Bina kepribadian dan kepemimpinan, mahasiswa UMRI ikuti P2KK
ilustrasi

Riauaktual.com - Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) telah bertekad untuk tidak hanya menjadikan Mahasiswa nya maju dan cerdas dalam bidang keilmuan, sesuai dengan harapan perserikatan Muhammadiyah, UMRI Bertekad menciptakan Mahasiswa yang memiliki kepribadian mulia dan berjiwa kepemimpinan sesuai dengan syariat Islam.

Mewujudkan hal itu, melalui Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (LSIK) Universitas Muhammadiyah Riau, diadakan Program pembinaan kepribadian dan kepemimpinan (P2KK). Kagiatan tersebut berlangsung selama Tiga hari Tiga malam, yang diikuti Mahasiswa angkatan 2016/2017.

Pembantu Rektor I UMRI dr H Taswin Yacob mengatakan, pelaksanaan P2KK ini sangat sejalan dengan visi dan misi UMRI dan juga mendukung keinganan perserikatan Muhammadiyah yakni Islam dan Kemuhammadiyahan ini bisa betul-betul dikuasai oleh mahasiswa.

"Kegiatan ini diharapkan akan membentuk pribadi yang mempunyai sikap kemandirian, karena muhammadiyah menciptakan pola berpikir berkemajuan. UMRI ingin menjadikan alumni yang berkualitas dan bermartabat," sebut mantan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau ini, Jumat 27 Januari 2017 saat membuka acara.

Meski tidak termasuk dalam SKS, taswin berharap Mahasiswa bisa mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, karena banyak ilmu dan pengalaman yang akan diperoleh dalam kegiatan ini.

"Ikuti dengan serius, meski ini nol SKS, tapi ini merupakan suatu kegiatan yang akan amat sangat berguna bagi Mahasiswa kami kelak nantinya, terlebih dalam mendalami Islam. Dan nantinya ketika telah menyelesiakan perkuliahan, dan berbaur dengan masyarakat," ujarnya.

Sementara Kepala studi Islam LSIK UMRI Jakiman SW, menyebut dalam kegiatan ini akan dilakukan pembinaan kepribadian, dan bina kepemimpinan kepada Mahasiswa. Untuk kegiatan yang pertama kali digelar ini hanya diikuti bagi Mahasiswa angkatan 2016/2017 dengan jumlah perserta sebanyak 1122 orang.

"Kegiatan ini akan dibagi dalam empat angkatan. Peserta selama mengikuti kegiatan ini akan dibiasakan untuk melaksanakan sholat dhuha, sholat tahajud, membaca alquran, dan lainnya," jelas Jakiman.

Mantan Ketua PGRI Kota Pekanbaru ini menambahkan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh  tanggung jawab UMRI dalam implementasi tujuan Muhammadiyah dalam menciptakan masyarakat Islam yg sebenar-benarnya. Agar lulusan UMRI memiliki keperibadian yg tinggi, kepemimpinan yang mumpuni.

"Meski program ini terobosan khusus di luar SKS, tapi kegiatan ini harus diikuti oleh Mahasiswa. Karena ini akan sangat bermanfaat bagi mereka kelak," ungkapnya.

Ikut hadir dalam acara pembukaan yang dilaksanakan di kampus II UMRI Jalan Tuanku Tambusai ujung tersebut antaralain Ketua DPW Muhammadiyah Riau Drs H Wan Abubakar MSi, para Wakil Rektor, Dekan dan para dosen serta karyawan UMRI lainnya. (mad)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index