Ternyata, Aroma Kopi Ada Manfaatnya

Ternyata, Aroma Kopi Ada Manfaatnya
Biji kopi sangrai. (U-Report)

Riauaktual.com - Manfaat aroma kopi? Hmm, ternyata, selain sebagai minuman, juga dapat digunakan untuk menyamarkan aroma, atau mengilangkan aroma tak sedap.

Pada tahap evakuasi korban kecelakaan pesawat Air Asia QZ8501 di perairan Selat Karimata mendapat perlakuan khusus, kopi digunakan untuk menghilangkan bau jenazah. Di KRI Banda Aceh, delapan papan ditata berjajar di anjungan helikopter. Bubuk kopi ditaburkan tebal-tebal di atasnya.

“Kopi minimal bisa menyamarkan bau,” kata Wakil Komandan KRI Banda Aceh Priyo, Sabtu, 3 Januari 2015, seperti diberitakan Tempo.

Dalam beberapa kasus, kopi juga digunakan untuk menyamarkan aroma durian. Ini biasanya dilakukan ketika melakukan perjalanan dalam pesawat. Aroma durian yang tajam bisa dihilangkan dengan menaburkan bubuk kopi di atas bungkusan buah durian. Setelah itu ditutup rapat dalam wadah kedap udara.

Penjual durian di Medan melakukan cara ini mengingat durian sudah menjadi oleh-oleh khas Medan. Cara ini memang terbukti ampuh. Aroma bubuk kopi menyerap tajamnya aroma durian.

Bubuk kopi juga berfungsi “menyegarkan” isi lemari dapur yang biasanya digunakan untuk menyimpan ikan maupun sayuran yang sudah dimasak. Terkadang, lama penyimpan membuat isi lemari tidak segar. Masalah ini bisa diatasi dengan menaruh bubuk kopi dalam satu wadah kecil. Taruh di dalam lemari. Aroma kopi akan menghilangkan aroma tak sedap. Dalam waktu tertentu, aroma kopi akan ikuti hilang dan perlu diganti.

Selain untuk menghilangkan aroma tak sedap, kopi juga berfungsi sebagai pengharum ruangan. Belakangan, sudah ada kafe maupun restoran yang menempatkan bubuk kopi dalam wadah tertentu di sudut-sudut ruangan. Aroma kopi menyeruak di seisi ruangan dan ternyata aroma kopi dapat membuat suasana menjadi lebih nyaman.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index