Terapkan KKNI, Staf Ahli Menristek Dikti Puji Keberanian UMRI

Terapkan KKNI, Staf Ahli Menristek Dikti Puji Keberanian UMRI
Rektor UMRi Dr H Mubarak MSi saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara. (Humas UMRI)

Riauaktual.com - Staf Ahli Menristek Dikti RI Dr. Endrotomo memuji keberanian Universitas Muhamadiyah Riau (UMRI) menerapkan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dalam tahun ajaran baru mendatang. Sebab, banyak perguruan tinggi yang sudah lama berdiri namun belum berani melaksanakan kurikulum standar nasional berbasis KKNI.

" UMRI baru saja berdiri 8 tahun lalu namun sudah berani menerapkan kurikulum nasional perguruan tinggi berbasis KKNI. Ini langkah baru untuk menghasilkan lulusan yang berskala nasional dan internasional," kata Endrotomo saat menjadi pembicara Workshop Perumusan Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran UMRI, kemarin, di Kampus UMRI jalan K.H Ahmad Dahlan Pekanbaru.

Endrotomo mengatakan, dari 4.200 perguruan tinggi se Indonesia hanya 1000 yang melaksanakan kurikulum standar nasional berbasis KKNI termasuk salah satunya UMRI. Kurikulum standar nasional perguruan tinggi berbasisi KKNI ini mempunyai tolak ukur standar lulusan yang akan dihasil oleh perguruan tinggi. KKNI ini merupakan perpaduan kurikulum yang tolak ukur tidak hanya skala nasional tapi juga internasional.

"KKNI ada tolak ukur lulusannya yang akan dihasilkan oleh perguruan tinggi. Dilevel mana lulusan yang akan dihasilkan. Saya memberikan apresiasi kepada UMRI yang berani walau masih 8 tahun namun sudah memikirkan lulusan berskala internasional, "kata Endrotomo.

Rektor Universitas Muhamadiyah Riau Dr.H Mubarak mengatakan, pekerjaan penyusunan  kurikulum bukan pekerjaan mudah. Sebab, banyak harus dirumuskan mau kemana UMRI 4 tahun kedepan setelah menghasilkan lulusan.

"2021 lulusan UMRI ini seperti apa.
Lulusan UMRI yang akan kita hasilkan harus bisa menjawab dunia kerja, punya keahlian, agar ilmu yang diperoleh tidak sia sia." kata Mubarak saat membuka kegiatan tersebut.

Sementara koordinator perubahan kurikulum dr.H Taswin Yaqub mengatakan UMRI telah menyepakati tahun ajaran baru, UMRO L telah menerapak kurikulum nasional berbasis KKNI. Sekarang ini UMRI masih memakai kurikulum berbasis KBK.

"Saya harapkan pak Endrotomo bisa  mencurah ilmu dan  membimbing UMRI dalam menyusun kurikulum berbasis KKNI," kata Taswin.

Dalam menerapakan kurikulum KKNI, kata Taswin, UMRI harus punya komitmen dan keinginan yang kuat dari seluruh stakeholder mulai dari Pimpinan Muhamadiyah, Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Kepala Prodi, pegawai bertekad melaksanakan KKNI pada tahun ajaran baru mendatang.

"Mari kita bersama sama merapatkan barisan keinginan, persepsi yang sama untuk menerapkan KKNI tanggal 1 september mendatang. KKNI wajib di berlakukan 2017 ini. Perubahan kurikulum ini nantinya akan membawa umri lebih baik lagi, " kata Taswin. (rls/nik)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index