Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi saat mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) penetapan status siaga darurat bencana asap

Hadiri Rakor Karhutla

Wabup Siak Minta Warga Tidak Bakar Lahan

Selasa,24 Januari 2017 - 19:42:53 WIB Di Baca : 5908 Kali

Riauaktual.com - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang pernah terjadi pada beberapa tahun lalu dapat dijadikan sebagai pelajaran agar hal tersebut tidak terjadi lagi. Selain berdampak melumpuhkan perekonomian, juga berdampak buruk bagi kesehatan dan pencemaran udara.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi saat mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) penetapan status siaga darurat bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan, Selasa (24/1) di ruang rapat Kantor Gubernur Riau.

Dalam Rakor tersebut Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman  menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) 2017 yang berlaku hari ini selama 96 hari hingga 30 April mendatang. Ini dilaksanakan agar bisa dilakukannya pencegahan sedini mungkin.

Alfedri menyebutkan perlunya ada pembinaan kepada masyarakat untuk tidak mengolah lahan dengan cara dibakar, serta perlunya koordinasi dengan instansi terkait dengan hal ini.

"Pembinaan kepada masyarakat oleh Pemerintah Daerah agar tidak mengolah lahan dengan cara membakar itu penting. Untuk itu, harus dilakukan koordinasi baik itu antara Pemerintah Daerah, TNI, Polri, Instansi Vertikal dan Perusahaan yang diharapkan setiap kanal akan dibuat pada tahun sebelumnya harus ditingkatkan lagi terutama diminta kepada perusahaan untuk menambah setiap kanal," ujar Wabup.

Dikatakan, saat ini status siaga darurat Karhutla mulai ditetapkan untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran titik panas yang lebih banyak. Sehingga akan segera dilakukan langkah-langkah strategis lanjutan untuk tindakan pencegahan.

Usai penetapan status, gubernur bersama instansi terkait lainnya termasuk komandan korem, kapolda, komandan lanud, kepala dan kejati segera menyusun struktur tim satgas siaga karhutla yang mulai dikukuhkan hari ini.
 
Selain penyusunan struktur tim satgas, gubenur juga kembali mengaktifkan posko-posko siaga karhutla agar satgas bisa segera mulai tugasnya secara resmi. (jas)


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com