Mentan Amran minta masyarakat masak daging pakai suhu yang tinggi

Mentan Amran minta masyarakat masak daging pakai suhu yang tinggi
Mentan Amran

Riauaktual.com - Menteri Pertanian Amran Sulaiman, mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk melakukan isolasi terhadap munculnya penyakit antraks di Yogyakarta beberapa waktu lalu. Seperti diketahui, penyakit antraks disebabkan oleh bakteri Basillus Anthracis yang menyerang sejumlah bagian tubuh seperti kulit hingga selaput otak.

"Tim kami sudah turun dan kami bergerak cepat. Kita bergerak cepat, wilayah itu sudah aman. Nah, ini kan di Kalimantan juga pernah terjadi, kita langsung redam," ujar Menteri Amran di Gedung Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Semarang, Sebagaimana dikutip dari merdeka.com, hari ini.

Menteri Amran mengatakan kedua daerah di Yogyakarta yang diketahui terjangkit oleh penyakit antraks sudah diisolasi. Sementara, sapi yang ditetapkan positif mengidap penyakit antraks sudah dilakukan pemusnahan berupa pembakaran.

"Sapinya sudah dimusnahkan. Laporan sumber penyakit itu kami terima pagi, siangnya kami terjunkan tim dan posko disana. Harus kita terus waspadai," ungkapnya.

Menteri Amran berharap tidak ada lagi kejadian serupa dialami oleh masyarakat. Untuk itu, Dia mengimbau ketika memasak daging sapi diusahakan untuk memasak sampai suhu tinggi. Tujuannya untuk membunuh bakteri yang terdapat dalam daging sapi.

"Saya sarankan untuk dimasak dalam suhu tinggi. Supaya penyakit ini tidak muncul lagi. Kita akan terus lakukan pemantauan dan pengawasan. Saya sudah perintahkan tim disana untuk terus memantau," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index