Gawat ! Kasus DBD di Pekanbaru Terus Miningkat

Gawat ! Kasus DBD di Pekanbaru Terus Miningkat
dbd

Riauaktual.com - Jika sebelumnya kasus Demam Berdarah Dengue (BDB) di Kota Pekanbaru hanya sebanyak 21 kasus. Namun minggu ketiga tahun 2017, jumlahnya terus bertambah yakni sebanyak 29 kasus.

"Minggu kedua sudah 21 kasus. Bertambah 8 kasus," kata Kepala Bidang Pengendalian Kesehatan Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru, Gustiyanti di Pekanbaru, Senin (23/1).

Menurut Gusti, jika melihat prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tahun 2017 ini, perkembangan nyamuk yang membawa DBD tidak signifikan. Meski demikian dimusim pancaroba ini, warga harus tetap pandai menyesuaikan diri.

"Kita yang harus pandai menyesuaikan dengan musim yang tidak menentu ini. Kadang panas, kadang hujan," kata dia.

Gusti juga menghimbau kepada masyarakat agar memperkuat daya tahan tubuh. Disamping itu, masyarakat juga harus berprilaku hidup sehat. Dengan begitu, penyebaran nyamuk dapat ditekan.

"Antisipasi harus tetap lakukan 3 M plus dan berperilaku hidup sehat," kata dia.

Ia juga menyebut, tahun ini Diskes siap dengan Abate dan racun malation yang dipakai untuk satu tahun ke depan. Tetapi Diskes harus tetap melakukan fogging sesuai standard operating procedure (SOP).

Jadi, apabila ada kasus, Diskes lakukan penyelidikan etiomologi. Jika dinyatakan ada jentik nyamuk, baru dilakukan fogging. "Bisa saja yang terkena DBD itu bukan di lingkungan tempat tinggal. Bisa saja dari tempat kerja dan sekolah," kata dia.

Untuk itu, kata dia, Diskes harus lakukan penyelidikan, sebelum diputuskan melakukan fogging. "Kalau ada tiga orang demam baru lakukan fogging," imbuhnya.

Sesuai data  DBD yang dirilis Diskes Pekanbaru Hingga Minggu Ketiga tahun 2017 dari seluruh puskesmas yang ada di Pekanbaru, diantaranya :

Sukajadi 1 orang
Senapelan 1 orang
Pekanbaru Kota 3 orang
Rumbai Pesisir 3 orang
Rumbai 0 orang
Limapuluh 2 orang
Sail 0 orang
Bukit Raya 3 orang
Marpoyan Damai 2 orang
Tenayan Raya 1 orang
Tampan 10 orang
Payung Sekaki 3 orang

Total 29 orang

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index