Kuota Haji Pelalawan Tahun Ini Naik Jadi 400 Orang

Kuota Haji Pelalawan Tahun Ini Naik Jadi 400 Orang
ilustrasi

Riauaktual.com - Tahun ini, kuota Calon Jamaah Haji (CJH) Pelalawan melonjak menjadi hampir dua kali lipat. Jika tahun sebelumnya kuota CJH Pelalawan hanya 287 jamaah tapi tahun ini CJH Pelalawan diperkirakan 400 lebih.

"Alhamdulillah, kuota CJH untuk Indonesia memang sudah kembali normal. Pada hari Jumat kemarin (20/1), kita rapat dengan Kemenag Provinsi membahas soal ini," terang Plh Kemenag Pelalawan, Syahrul Mauludi, kepada wartawan hari ni.

Syahrul menjelaskan bahwa untuk tahun ini kuota CJH Indonesia yang tadinya hanya 80 persen, kini naik menjadi 100 persen. Kenaikan ini berarti Indonesia mendapat tambahan sebesar 10 ribu jamaah.

Jadi tepatnya jika tahun lalu kuota CJH Indonesia sebesar 180 ribu, tahun ini menjadi 221 ribu. "Dari penambahan CJH itu maka otomatis setiap provinsi dan kabupaten mendapat tambahan kuota CJH," ujarnya.   

Karena itu, sambungnya, kuota CJH Pelalawan tahun ini diperkirakan mencapai 400 lebih dari yang semula hanya 287 CJH. Para CJH Pelalawan yang akan berangkat naik haji tahun ini adalah CJH yang mendaftarkan haji sejak tahun 2010.

"CJH tahun ini adalah CJH yang mendaftarkan haji di tahun 2010, berikut penambahan kuotanya," katanya.

Bagi para CJH yang akan berangkat tahun ini, lanjutnya, mereka sudah bisa untuk mengurus paspor di Imigrasi. Untuk pengurusan paspor ini harus diurus sendiri oleh para CJH, sementara pihak Kemenag akan membantu jika para CJH memerlukan surat-surat atau dokumen yang diperlukan.

"Kalau untuk paspor memang harus diurus sendiri oleh para CJH, tapi kita siap jika ada para CJH yang memerlukan surat-surat atau dokumen untuk pembuatan paspor itu," tandasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index