Setelah 76 Tahun, Kerajaan Kampar Kiri Kini Miliki Raja Baru

Setelah 76 Tahun, Kerajaan Kampar Kiri Kini Miliki Raja Baru
Penobatan Pewaris Kerajaan Rantau Kampar Kiri Di Istana Darussalam Koto Dalam Gunung Sahilan Kan Kampar

Riauaktual.com - Setelah 76 tahun lalu terputus, kini Kerajaan Rantau Kampar Kiri atau lebih dikenal dengan Kerajaan Gunung Sahilan akhirnya memiliki raja baru. Tengku Muhammad Nizar namanya, penambalannya dilakukan oleh Raja Adat Tengku H Arial yang juga menjabat sebagai Asisten III di Pemkab Meranti, Ahad (22/1/17).

Prosesi penambalan raja baru ini langsung disaksikan oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Hadir juga pada prosesi penambalan ini, Penjabat (Pj) Bupati Kampar Syahrial Abdi. Sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Riau dan Kampar, keluarga keturunan kerajaan, ninik mamak serta tokoh-tokoh adat yang hadir.

Prosesi penambalan yang berjalan khidmat ini diawali dengan pembacaan latar belakang dan silsilah (pewaris) Kerajaan Rantau Kampar Kiri oleh Dharmansyah yang merupakan keturunan kerajaan.

Dimana disebutkan, Kerajaan Rantau Kampar Kiri ini baik secara silsilah keturnan, masyarakatnya termasuk adat istiadat bermuara dari Kerajaan Pagaruyung, Kerajaan Minang Kabau yang ada di Sumatera Barat. Secara geografis, daerah Kampar Kiri sendiri langsung berbatasan Sumatera Barat.

"Raja pertama Rantau Kampar Kiri merupakan cucu ke empat dari Sri Maha Diraja di daerah Minang Kabau. Kerajaan Rantau Kampar Kiri ini saat masih berkuasa, dibantu lima pembesar yang berkedudukan didaerah-daerah yang ditunjuk, membantu raja," papar Dharmasnyah yang juga Sekretaris KONI Riau.

Ada pun Raja terakhir yang bertahta di Kerajaan Rantau Kampar Kiri ini adalah Raja Gazali yang mangkat pada 1975 lalu. (yai)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index