Sampah masih menumpuk, ini kata PLT Walikota Pekanbaru

Sampah masih menumpuk, ini kata PLT Walikota Pekanbaru
sampah di salah satu ruas jalanan di pekanbaru

Riauaktual.com - Hingga saat ini persoalan sampah di Pekanbaru tampaknya belum juga tuntas. Bahkan ada beberapa titik di Pekanbaru masih bisa ditemui tumpukan sampah, seperti di sekitaran Jalan Yos Sudarso Kecamatan Rumbai.

Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Pekanbaru Edwar Sanger ketika dikonfirmasi terkait persaolan tersebut mengakui jika kendala kebersihan di Pekanbaru ini dikarenakan armada yang tidak mencukupi.

"Memang jumlah armada pengangkut sampah sebanyak 124 unit, namun yang bisa beroperasi hanyalah 64 unit. Armada inilah yang melayani 12 Kecamatan, 83 kelurahan. Tenaga kebersihan kita 1.223 petugas," kata Edwar, akhir pekan kemarin.

Kendatipun armada kurang, Edwar tetap meminta agar Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) dapat mengoptimalkan armada yang ada. Sehingga sampah di Pekanbaru bisa cepat terangkut.

"Saya kira armada jangan dijadikan alasan yang fatal. Pasalnya kenapa dulu bisa, kok sekarang tidak. Ada apa, iya toh," sebutnya.

Edwar menambahkan, kedepam akan melakukan evaluasi mobil pengangkut sampah yang rusak. Kalau memang harus dibeli baru, Pemko akan melakukan pengadaan lagi untuk membeli unit armada baru.

"Yang jelas, persoalan sampah ini harus cepat terselesaikan dan tidak menjadi PR terus menerus," tutupnya. (YAN)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index