Kemendes targetkan dana Rp 60 T untuk desa terserap 100 persen

Kemendes targetkan dana Rp 60 T untuk desa terserap 100 persen
add

Riauaktual.com - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menargetkan dana desa dapat terserap hingga 100 persen pada tahun ini.

"Tahun ini kita target 100 persen dana desa terserap di seluruh desa," kata Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo seperti dikutip www.kemendesa.go.id hari ini.

Setiap tahun, penyerapan dana desa terus mengalami peningkatan yang signifikan. Pada 2015, dana desa sebesar Rp 21,7 triliun terserap pada 74.093 desa dengan total 83 persen, sedangkan pada 2016 ada 74.754 desa atau 95 persen desa yang menyerap dana desa sebesar Rp 46,9 triliun. Sedangkan untuk tahun 2017 ini dana desa yang dialokasikan sebesar Rp 60 triliun.

Guna mewujudkan harapan ini, Eko meminta masyarat turut serta mengawasi dana desa itu. Termasuk praja IPDN, sudah bisa mulai mengawal dana desa.

"Beberapa faktor yang menjadi kendala tidak tersalurkannya ke desa disebabkan karena kepala desanya terkena masalah hukum, pembuatan laporannya telat, atau desanya sudah menjadi kelurahan," jelasnya.

Untuk pencegahan penyalahgunaan dana desa, Eko mengatakan bahwa Kemendes PDTT sudah memiliki Satgas Desa dan Pokja Masyarakat Sipil. Keduanya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyampaikan laporan penyalahgunaan. Selain itu, masyarakat juga dapat menyampaikan pengaduan terkait dugaan penyelewengan dana desa ke Call Center Kemendes PDTT di nomor 1500040.

"Kalau dalam program saber pungli dana desa ini kita melibatkan pihak Kepolisian, Kejaksaan dan KPK. Kalau ada kasus atau laporan dari masyarakat bisa ditindaklanjuti lebih cepat. Masyarakat melapor, nanti kita ada tim saber pungli yang menindaklanjuti laporan tersebut," tegasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index