Berikut Empat hal yang bikin harga Xiaomi murah

Berikut Empat hal yang bikin harga Xiaomi murah
Xiaomi

Riauaktual.com - Sejumlah ponsel asal negeri RRC seperti Xiaomi, banyak yang dibanderol di bawah harga pasaran namun dengan kualitas yang tidak kalah mumpuni dibandingkan ponsel sejenis lain.

Penelusuran terbaru diketahui empat hal yang menyebabkan Xiaomi bisa berharga murah namun tetap bisa menjadi produsen smartphone keempat terbesar di dunia.

Berikut penelusurannya seperti dikutip droidlime.com:

1. Ogah beriklan

Alasan yang paling utama adalah Xiaomi tidak melakukan promosi atau pengiklanan produk secara besar-besaran. Tentu saja Xiaomi pernah beriklan, namun bujetnya berbeda dengan vendor lain seperti Samsung yang rela mengeluarkan dana sangat besar untuk proses promosinya saja.

Xiaomi lebih mengandalkan jaringan media sosial dan para fans untuk mempromosikan produknya. Melalui media sosial, produk Xiaomi diperkenalkan dari mulut ke mulut. Dengan cara ini, Xiaomi telah menghemat banyak dana dan mengalokasikannya untuk merilis smartphone baru di setiap tahunnya.

2. Jual cepat terbatas

Penjualan dengan harga murah ini megharuskan Xiaomi membuat kebijakan dalam proses produksinya, yakni menjual produk secara cepat dan terbatas. Sebenarnya, banyak orang khusunya fans Xiaomi mengeluh dan mengkritik keras kebijakan ini. Tapi faktanya disitulah letak strategi bisnis yang Xiaomi lakukan agar dapat menjual produk dengan murah namun tetap balik modal atau bahkan untung.

3. Ekspor ke pasar potensial

Xiaomi tidak hanya menjual smartphone pada basis pelanggan kecil. Xiaomi terus berusaha memperluas pasar hingga ke berbagai negara. Memang tidak banyak cakupan Xiaomi, tapi mereka menyasar negara yang potensial, seperti Indonesia, sebagian besar Asia Tenggara, India, Brazil, Rusia, dan Meksiko. Dengan mengekspor produk ke luar negeri, pendapatan Xiaomi menjadi lebih banyak.

4. Kerjasama strategis

Perlu diketahui, Xiaomi didirikan oleh pemain-pemain lama dalam dunia bisnis teknologi, termasuk Hugo Bara yang kini menjabat sebagai Vice President Xiaomi. "Kami punya hubungan yang sangat baik dengan para penyuplai komponen (hardware)," ujar mantan bos Google tersebut. Dengan begitu, Xiaomi bisa mendapat pasokan komponen dengan harga lebih miring.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index