Infrastruktur dan Pendidikan Harus Sejalan

Gubri Maksimalkan Blusukan ke Daerah Terpencil

Gubri Maksimalkan Blusukan ke Daerah Terpencil
gubernur riau

Riauaktual.com - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman akan terus melakukan blusukan daerah-daerah khususnya kawasan yang masih terpencil. Selain itu ditegaskan juga antara infrastruktur dan pendidikan harus sejalan dalam memajukan daerah.

Karena itu papar Gubernur Riau, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, buka batas-batas yang menghalang dari kemajuan. Infrastruktur dan pendidikan yang masih menjadi persoalan terpencil harus dijadikan perhatian yang tak boleh dipisahkan.

"Sesuai dengan pesan pak Presiden, buka batas-batas yang menghalang," kata Andi Rachman (sapaan akrab Gubri), Jum'at.

Salah satu blusukan yang sudah dilakukannya mengunjungi warga Kecamatan Empat Koto Rokan Hulu bersempena dengan peresmian jembatan gantung di Desa Ruang Koto dan jembatan Sumpur di Desa Tibawan yang hanya berjarak 14 kilo meter berbatasan dengan Pasaman, Sumatera Barat.

Tiga daerah lainnya yang bakal disasar yakni Indragiri Hilir, Rokan Hilir. Kunjungan tersebut untuk melihat langsung pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan Pemprov Riau sekaligus bertatap muka dengan masyarakat untuk mendengarkan keluhan-keluhan soal pembangunan.

"Minggu depan kita koordinasi dengan Bupatinya, kita akan keliling ke Inhil, Rohil dan kabupaten lainya dimana pembangunan dilakukan Pemprov. Ini penting dengan, kita turun seperti ini ingin melihat secara nyata progres yang dilakukan termasuk menyerap aspirasi langsung dari masyarakat mengenai keluhan mereka," ujar Andi.

Orang nomor satu di Riau ini lantas mencontohkan bagaimana anak-anak yang ada sejumlah desa di Kecamatan Empat Koto Rohul melanjutkan pendidikan jenjang SMA justru di Pasaman, Sumbar. Diharapkan 2018 mendatang, daerah-daerah terpencil yang bernasib sama, harus sudah tersedia infrastruktur dan pendidikan untuk membuka mata dari ketertinggalan.

"Ingat seperti tadi SMA, yang SMP pun banyak sekolah di Pasaman. Kasihankan, kita bukannya tak punya uang. Karena itu kita usahakan 2018 buat SMA, ini salah salah contoh. Potensi itu juga ada di pesisir, mana ekonominya bisa diangkat, tetapi dengan memanfaatkan jalan yang Pemprov bangun nantinya. Hal seperti ini perlu kita cek juga, saya juga sudah bicara dengan pak bupatinya," ungkap Andi. (yai)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index