Ini yang harus dilakukan saat tersengat lebah

Ini yang harus dilakukan saat tersengat lebah
Ilustrasi lebah. Shutterstock/Piotr Kamionka

Riauaktual.com - Sengatan lebah menjadi salah satu 'kecelakaan' kecil yang sering terjadi ketika kamu sedang beraktivitas di luar ruangan. Sengatan yang terjadi memang terasa menyakitkan namun juga membuat gatal dan kulit meradang.

Panik menjadi reaksi utama ketika kamu tersengat lebah. Well, singkirkan dahulu rasa panik tersebut sebab berikut adalah cara untuk menyembuhkan luka akibat tersengat lebah.

"Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika tersengat lebah adalah hapus stinger atau 'jarum' yang menancap di kulit sehingga stinger tidak terus-menerus melepaskan racun yang membuat kulit jadi bengkak dan merah. Menurut National Institutes of Health, kamu bisa menggunakan benda tumpul untuk menghilangkan stinger tersebut daripada menggunakan pinset yang malah akan melukai kulit," ungkap penelitian dari livestrong.com.

"Setelah stinger lepas, cuci area yang terkena dengan sabun dan air. Untuk mengurangi pembengkakan, gunakan kompres air dingin selama sekitar 10 menit. Lalu oleskan campuran baking soda dan air di atas luka selama beberapa kali sehari. Kamu juga bisa mengoleskan krim yang mengandung diphenhydramine atau klorfeniramin maleat untuk menyembuhkan luka yang terjadi."

"Sengatan lebah bisa membuat orang yang hipersensitif mengalami gatal-gatal, mual, muntah, sakit perut, hingga sulit bernapas. Jika dalam beberapa hari kamu mengalami hal di atas, segera berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut," saran penelitian ini.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index