Upaya sosialisasi masif, KPU Pekanbaru gandeng aktivis sosial media

Upaya sosialisasi masif, KPU Pekanbaru gandeng aktivis sosial media
sosialisasi KPU

Riauaktual.com - Ibarat pengantin, Pekanbaru melalui Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru terus bersolek menjelang diselenggarakannya Pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota 15 Februari mendatang. Berbagai upaya terus dilakukan oleh lembaga penyelenggara pemilu itu.

Berbagai tahapan sudah dilalui, kata Yelly Nofiza disela-sela materi yang ia berikan. Dalam penyelenggaran helatan akbar yang diselenggarakan satu kali dalam lima tahu tersebut, sosialisasi adalah perkara penting dan menjadi perhatian serius yang digeluti oleh Komisi Pemilihan Umum.

"KPU selalu berupaya masif melakukan sosialisasi, kita sudah sosialisasi sampai ke kaum berkebutuhan khusus, pemilih pemula, berbagai komunitas, diantaranya adalah komunitas perempuan," kata Amiruddin Sijaya, Ketua KPU Kota Pekanbaru dalam sambutannya, ketika membuka acara.

Kegiatan Sosialisasi Pemilih Perempuan dalam rangka meningkatkan partisipasi kaum hawa ini beda dengan kegiatan sosialisasi biasa. Alasannya, KPU Kota Pekanbaru dalam kegiatan sosialisasi yang satu ini menggandeng para aktivis social media yang memang hari-harinya dan professionalitasnya mengelola social media, kata Fitri Andriani salah seorang pegawai KPU Kota Pekanbaru.

"Aktivis social media ini terdiri dari komunitas blogger Bertuah Pekanbaru, Kelompok Bloger emak-emak Pekanbaru dan para buzzer," tambah Fitri.

Acara yang dimoderatori oleh Assyari Abdullah yang juga dosen Ilmu Komunikasi UIN Suska berupaya untuk mendongkrak angka partisipasi perempuan pada pilwako mendatang.

Yelli Nofiza selaku pemateri menjelaskan secara runut urgensi partisipasi perempuan dalam pentas politik khususnya Kota Pekanbaru. Dengan keterlibatan aktif perempuan berpartisipasi, diharapkan pemimpin terpilih nanti bisa melahirkan kebijakan yang bersahabat dengan perempuan, mengingat jumlah Daptar Pemilih Tetap (DPT) perempuan sangat signifikan.  

"Upaya kami mensosialisasikan dengan mengandeng rekan-rekan aktivis social media dan para blogger yang notabenenya secara gender adalah perempuan untuk mensosialisasikan secara masif hajatan akbar pesta demokrasi ini," tambah Yelli.

Sementara itu, Afni Zulkifli yang juga sebagai narasumber menuturkan bahwa angka penetrasi internet di Indonesia semakin hari semakin bertambah, dan perkembangannya sangat signifikan sekali kata mantan Pemred JPNNTV tersebut.  

"Bahkan, Survei yang dilakukan sepanjang tahun 2016 menemukan bahwa 132,7 juta orang Indonesia telah terhubung ke internet, artinya lebih separoh sudah terhubung ke Internet," kata Afni.

Para Blogger juga mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Kota Pekanbaru dengan menggandeng warga generasi millenial yang pastinya aktif disosial media, karna social media ini adalah media yang ampuh untuk melakukan sosialisasi apa saja, kata pemilik akun @ociYM dalam tweet-nya.

Bahkan akun @meazaria tahu persis harapan KPU Pekanbaru dengan menggandeng para blogger dan aktivis social media, Tika! Sebagai nama dari akun @meazaria men-tweet-kan “Itulah @KPU_Pekanbaru mengundang para bloggers dan netizen hari ini utk bisa menjangkau mrk2 yg tdk trsentuh infrmasi”, dalam cuitannya menggunakan twitter.

Hal yang unik dari sosialisasi kepada blogger dan aktivis social media ini adalah, semua peserta sibuk melakukan live tweet dengan mengutip apa yang disampaikan oleh pemateri sehingga jari tangan para peserta itu seakan tidak pernah berhenti selama acara berlangsung untuk menyampaikan pesan yang diulas narasumber

Dipenghujung acara, panitia menyediakan doorprize kepada peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dan melakukan live tweet terbanyak dan terbaik. Pemilik akun @ociYM meraih peringkat pertama, disusul oleh akun @tantiashecilia peringkat kedua dan akun @millaFRahami sebagai peringkat ketiga. (rls)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index