Tempat ini Diduga Sebagai Persembunyian Adolf Hitler, Termasuk Indonesia

Tempat ini Diduga Sebagai Persembunyian Adolf Hitler, Termasuk Indonesia
hitler

Riauaktual.com - Tahukah kamu jika saat ini terungkap sejumlah tempat – tempat yang di duga sebagai persembunyian Adolf Hitler.

Seperti yang kita ketahui jika Adolf Hitler merupakan diktator Nazi yang terkenal akan kekejamannya. Namun sayangnya, dibalik sifat yang kejam dirinya juga punya kisah yang bergitu tragis dimana dirinya mati bunuh diri dengan cara menembak kepalanya sendiri pada 30 April 1945.

Sang Fuhrer dipercaya masih hidup kala itu dan melarikan diri ke negara lain. Hitler tewas di bunker, di Argentina, Brazil, atau Indonesia.

Dan kali ini ada sejumlah tempat – tempat yang di duga sebagai persembunyian Adolf Hitler. inilah dia diantaranya :

1. Argentina

Argentina menjadi salah satu tempat yang di duga sebagai persembunyian Adolf Hitler. Menurut buku Grey Wolf: The Escape Of Adolf Hitler karya penulis Inggris Gerrard Williams dan Simon Dunstan, segalanya terkait pelarian Sang Fuhrer telah dipersiapkan oleh kepala Gestapo, Heinrich Muller.

Diketahui juga jika ada dua jasad yang memakai pakaian Hitler dan istrinya, Eva Braun yang penampakan mirip benar dengan yang asli. Keduanya dianggap telah tinggal di Argentian.

Namun , Hitler juga dikabarkan pernah menuju Denmark lalu terbang ke Spanyol di mana Jenderal Franco menyiapkan sebuah pesawat untuk membawanya ke Kepulauan Canary.

Dari sana, Hitler naik kapal selam ke perairan Argentina, di mana ia mendarat di dekat pelabuhan kecul di Necochea, 300 mil selatan ibukota Buenos Aires.

Setelah itu, Hitler dikabarkan tak pernah meninggalkan Argentina. Ia hidup bersama Eva Braun dan punya 2 anak perempuan. Cita-citanya mendirikan Reich Keempat tak pernah kesampaian.

Setelah 17 tahun bersembunyi, Hitler dikabarkan meninggal pada 13 Februari 1962.

2. Spanyol

Jika kabarnya Hitler dikabarkan telah meninggal di Argentina, ternyata sebelumnya Hitler juga pernah melakukan persembunyian di Spanyol.

Jurnalis Argentina, Abel Basti, dari kota Patagonian Bariloche mengatakan jika sejumlah pensiunan Nazi tinggal di Spanyol.

Abel mengklaim Williams dan Dunstan mengambil data penelitiannya dan menuntut kompensasi. Namun, kedua penulis itu menolak tuduhan tersebut.

“Basti sama sekali tidak menciptakan gagasan Hitler masih hidup di Argentina,” kata Williams seperti dimuat Daily Mail edisi Oktober 2013.

“Buku-buku soal itu bisa dilacak tahun 1953 dan 1987. Kami tidak menjiplak karya orang lain.”

Gerrard Williams menambahkan, ada sejumlah versi soal pelarian Hitler. Isu itu bahkan beredar sejak Mei 1945.

Dalam beberapa tahun setelah perang, tidak ada bukti kuat bahwa Hitler telah tewas. Sementara pada September 1945 muncul klaim, Hitler dan sekretaris pribadinya, Martin Bormann, naik kapal pesiar mewah di Hamburg dan berlayar ke pulau rahasia di lepas pantai Schleswig – Holstein.

Berdasarkan laporan dari kedutaan Inggris di Kopenhagen memberitahu Departemen Luar Negeri bahwa seorang wanita Denmark melapor bahwa temannya bermimpi Hitler menyamar sebagai biarawan di Spanyol.

3. Kepulauan Majorca

Hitler juga dikabarkan pernah bersembunyi di Kepulauan Majorca. Pada Desember 1945 dilaporkan AS mendapat ‘informasi terpercaya’ bahwa Hitler naik kapal selam ke Kepulauan Majorca, tempat ia tinggal di hotel dengan sekelompok ilmuwan nuklir.

Selain itu , Sang Fuhrer pernah diberitakan menjadi gembala di Pegunungan Alpen, Swiss jika Hitler menyembunyikan dirinya di Antartika.

4. Indonesia

Dan tempat persembunyian Hitler yang terkahir dan sempat bikin heboh publik yakni Hitler telah meninggal dunia di Indonesia.

Kabar tersebut dimuat di artikel di Harian Pikiran Rakyat pada tahun 1983. Penulisnya bernama dr Sosrohusodo mengungkapkan jika dokter lulusan Universitas Indonesia yang pernah bertugas di kapal yang dijadikan rumah sakit bernama ‘Hope’ di Sumbawa Besar.

Dia menceritakan pengalamannya bertemu dengan dokter tua asal Jerman bernama Poch di Pulau Sumbawa Besar tahun 1960 yang ketika itu menjadi pimpinan sebuah rumah sakit terbesar di pulau tersebut.

Klaim yang diajukan dr Sosrohusodo jadi polemik. Dia mengatakan dokter tua asal Jerman yang dia temui dan ajak bicara adalah Hitler di masa tuanya.

Bukti-bukti yang diajukan Sosrohusodo, adalah bahwa dokter tersebut tak bisa berjalan normal — Dia selalu menyeret kaki kirinya ketika berjalan dan tangan kirinya selalu bergetar. Kumisnya pun vertikal mirip Charlie Chaplin, dan kepalanya gundul.

Kondisi ini diyakini mirip dengan gambaran Hilter di masa tuanya — yang ditemukan di sejumlah buku biografi sang Fuhrer. Saat bertemu dengannya di tahun 1960, orang yang diduga Hitler berusia 71 tahun.

Namun sayangnya, Poch meninggal pada 15 Januari 1970 pukul 19.30 di Rumah Sakit Karang Menjangan Surabaya karena serangan jantung, dalam usia 81 tahun. Dia dimakamkan sehari kemudian di daerah Ngagel.

Poch sebelumnya menikah wanita Sunda asal Bandung berinisial S, setelah istri pertamanya yang asal Jerman pulang ke tanah airnya.

Menurut Sosro, istri kedua Poch, S juga suatu hari dia melihat suaminya mencukur kumis dengan gaya mirip Hitler. Ketika dia bertanya, suaminya menjawab, “jangan bilang siapa-siapa.”

Sosro mengaku tak ada maksud tersembunyi di balik pengakuannya. “Saya hanya ingin menunjukan Hitler meninggal di Indonesia,” kata dia. (viva.co.id)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index