Indonesia sudah belajar dari krisis moneter 1997

Indonesia sudah belajar dari krisis moneter 1997
ilustrasi

Riauaktual.com - Indonesia sudah belajar mengatasi krisis ekonomi seperti yang pernah terjadi pada tahun 1997 silam antara lain dengan cara berhati-hati menetapkan kebijakan moneter dan deregulasi pemerintah.

"Ke depannya dengan koordinasi dan sinergi kebijakan antara pemerintah dan BI mitigasi risiko di sektor keuangan diharapkan bisa terus berjalan baik," kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara seperti dikutip kemenkeu.go.id hari ini.

Saat ini kondisi keuangan global memang sedang memburuk. Meski demikian, hal itu tidak terlalu berdampak secara kuat bagi perekonomian Indonesia karena pondasi ekonomi negara ini yang sudah kuat.

Belajar dari krisis keuangan Asia tahun 1997, Indonesia telah menempuh berbagai kebijakan untuk meningkatkan transparansi dan integritas data sektor keuangan.

Reformasi ini telah mendorong ketahanan ekonomi Indonesia, yang tercermin pula dari laporan tahunan IMF (Article IV Consultation) mengenai ekonomi Indonesia selama 2016 yang dinyatakan baik.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index