Pekan Depan, Pemko Pekanbaru Kukuhkan Tim Saber

Pekan Depan, Pemko Pekanbaru Kukuhkan Tim Saber
Ilustrasi
PEKANBARU (RA) - Jika tidak ada aral melintang, Rabu pekan depan, pemerintah Kota Pekanbaru bakal mengukuhkan tim sapu bersih (Saber) Pungli. Tim ini nantinya akan memantau segala tindakan yang berhubungan dengan Pungli. 
 
Rapat yang dipimpin Plt Walikota Pekanbaru, Edwar Sanger itu juga dihadiri Kapolres Pekanbaru, Kombes Pol Susanto, Kepala Kejaksaan Negeri Pekanbaru, Idianto SH MH, dan Dandim Dandim 0301/Pekanbaru Letkol Inf Tunjung Setyabudi S.Sos. 
 
Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Edwar Sanger, usai memimpin rapat koordinasi, Rabu(18/1), mengatakan bahwa rapat ini merupakan rapat pematangan pembahasan tentang sasaran yang akan menjadi objek tugas tim Saber Pungli. Baik itu pelayanan masyarakat di setiap institusi pemerintah daerah, Polri, maupun TNI.
 
"Ini menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) 87 Tahun 2016 tentang Saber Pungli dan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang penjabaran Perpres. Sebenarnya, sejak Oktober yang lalu hal ini sudah kita tindaklanjuti. Jadi rapat saat ini hanyalah pemantapannya saja," ujar Edwar.
 
Menurut Edwar, tim ini yang dibentuk ini langsung dikomandoinya. Sementara untuk satker yang bertanggunjawab diserahkan kepada Inspektorat. 
 
"Sebenar target dari pembentukan tim ini adalah pencegahan, bukan penindakan. Kita sudah mengarahkan seluruh jajaran kita untuk melaksanakan pekerjaan dan tupoksinya masing-masing dan jangan lalukan pungli," ungkapnya.
 
Edwar berharap, agar masyarakat turut mendukung pencegahan Pungli. Dimana mereka diminta tidak memberi dan lakukan sesuai dengan alurnya. Sehingga tidak ada yang dirugikan.
 
"Masyarakat jangan memberi. Dengan begitu secara langsung masyarakat kut mendukung program Pekanbaru bebas pungli. Dari awal pun saya sudah katakan kepada para ASN, hendaknya melayani masyarakat dengan ikhlas," tutupnya.(yan)
Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index