Mahasiswa UR Gelar PKM Tanam Pohon

Wabup: Tanam Pohon Termasuk Wakaf

Wabup: Tanam Pohon Termasuk Wakaf
Wakil Bupati Siak Alfedri saat menanam pohon

Riauaktual.com - Tanam pohon termasuk wakaf selama dimanfaatkan untuk kepentingan umat dan untuk kemaslahatan hidup manusia. Sebab, pohon menghasilkan oksigen dan sumber energi bagi umat manusia.

"Apapun yang kita tanam insyaallah bagian dari amal, allah pasti membalasnya," kata Wakil Bupati Siak Alfedri, Selasa (17/1) saat memberikan sambutan pada acara Penanaman Pohon Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa Bhakti Negeri bertempat di Areal Kantor Bupati Siak.

Sementara itu Alfedri dalam sambutannya sampaikan ucapan terimakasih atas ditunjuknya siak sebagai lokasi kebaktian masyarakat dengan melakukan penanaman pohon ini.

"Tentunya ini kami sambut baik dan penuh gembira karena ini sejalan dengan program strategis kami di kabupaten siak ini bahwa siak sudah dicanangkan oleh menteri kehutanan dan lingkungan hidup sebagai kabupaten hijau. Kami juga ingin tidak hanya hijau, tapi juga berbunga berbuah dan berkembang, sepanjang jalan kami sudah tanamkan buah derendan dan masyarakat silahkan ambil," ucapnya.

"Alhamdulillah, dengan kabupaten hijau ini banyak gerakan-gerakan selain dari pemerintah juga masyarakat Ada banyak program terkait peduli alam. Misalnya hutan mangrove rawa mekar jaya yang baru diresmikan," pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut Rektor Universitas Riau (UR) Aras Mulyadi, Pimpinan SKPD terkait dan sebanyak 88 orang Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi beserta pendamping sebanyak kurang lebih 25 orang.

Sebelumnya Rektor UR beserta anggota diterima Wakil Bupati Alfedri di ruang kerjanya. Selanjutnya menuju lokasi tempat acara penanaman.

Rektor UNRI Aras Mulyadi menyampaikan bahwa mahasiswa ini penerima beasiswa bidikmisi bagi negeri. "Anak-anak kita ini adalah penerima beasiswa bidikmisi bagi negeri, ini adalah program besiswa dari Pemerintah Provinsi Riau yang tujuannya memberikan beasiswa bagi siswa yang SMA nya dari riau yg memiliki prestasi baik yang perlu di sokong dengan beasiswa," sebutnya.

Disampaikannya, Bakti Negeri ini maksudnya adalah begitu selesai prestasi baik ini akan mengabdi ke daerah asal dan kalau prestasinya juga baik sewaktu mengabdi akan diberikan lagi program provinsi yakni beasiswa untuk ke jenjang yang lebih tinggi.

"Oleh karena itu mari kita tingkatkan prestasi seperti yang kita cita-citakan bersama, program beasiswa ini tidak hanya memberikan biaya pendidikan dan biaya hidup tapi juga memberikan softskill keterampilan dalam diri para mahasiswa semua, salah satunya memberikan pengabdian kepada masyarakat secara luas dan programnya melalui program penenaman ini," ujarnya.

"Siak sengaja kita pilih karena siak consern sebagai kota hijau, Pemerintah sudah persiapkan lahan diperkantoran dan kita akan tanam bibit bervariasi. Ini akan jadi kenangan manis bagi adek-adek nantinya, bahwa dulu pernah menanam pohon di siak," tambahnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index