LSI: 60 Persen warga DKI tak rela dipimpin Ahok

LSI: 60 Persen warga DKI tak rela dipimpin Ahok
Kandidat debat Pilgub DKI

Riauaktual.com -  Lingkaran Survei Indonesia (LSI) melakukan survei dari tanggal 5 hingga 11 Januari 2016, terhadap Pilkada DKI Jakarta 2017. Dari survei yang dilakukan LSI mengangkat tema mengenai status calon Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang menjadi terdakwa penistaan agama.

"Responden (warga) ditanya soal status pak Ahok menjadi terdakwa dalam kasus dugaan penistaan agama, sebanyak 85,80 persen warga mengaku mendengar akan hal tersebut, 8,00 persen tidak mendengar dan 6,10 persen tidak tahu," ujar salah satu peneliti LSI, Ardian Sopa, di kantor LSI, di Jalan Pemuda No. 70, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (17/1), sebagaimana dikutip dari merdeka.com.

Survei dilakukan dengan metode sampling multistage random. Jumlah responden 880 responden. Wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner dan margin of error sekira 3,4 persen.

Kata Sopa, selain menanyakan hal tersebut, pihak juga menanyakan responden mengenai kerelaan jika dipimpin oleh terdakwa penista agama.

"Mayoritas warga menjawab tidak mau dipimpin oleh seorang terdakwa. Ada 60 persen warga yang tidak rela gubernur terpilih adalah seorang terdakwa penista agama. 17,8 persen rela gubernur DKI seorang terdakwa penista agama dan 21,8 persen tidak menjawab," kata Ardian.

Meskipun demikian, Ardian mengatakan pendukung Ahok tetap setia untuk mendukung nomor urut dua tersebut. "Hanya minoritas yang tidak mempersoalkan status terdakwa," pungkasnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index