Lagi-lagi Gajah mati ditembak di perkebunan sawit

Lagi-lagi Gajah mati ditembak di perkebunan sawit
gajah mati (internet)

Riauaktual.com - Seekor gajah ditemukan mati di areal Hak Guna Usaha PT Dwi Kencana Semesta, Gampong Jambo, Reuhat, kecamatan Banda Aceh, Aceh timur.

"Hasil otopsi di lapangan, mati karena ditembak. Kami belum bisa memastikan apakah gajah ini ditembak karena memang diburu atau ada faktor lainnya," kata Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo di Banda Aceh, seperti dikutip dari rimanews, hari ini.

Petugas BKSDA menemukan bangkai gajah itu Sabtu 14 Januari 2017 sekitar pukul 11.30 WIB. Saat itu, petugas BKSDA hendak menyelamatkan seekor anak gajah yang terpisah dari kawanannya.

"Gajah mati tersebut jantan dewasa berumur 30 tahun. Saat bangkainya ditemukan, gading gajah jantan tersebut tidak ada lagi," ungkap Sapto.

Gajah jantan tersebut diperkirakan mati tujuh hari sejak ditemukan menjadi bangkai. Bagian kepala gajah saat ditemukan dalam kondisi rusak dan tanpa gading.

"Saat diotopsi, ditemukan lima lubang bekas tembakan di leher dan punggung. Namun, tim BKSDA tidak menemukan proyektil peluru, sehingga tidak diketahui jenis senjata yang digunakan menembak satwa dilindungi tersebut," kata Sapto.

BKSDA, kata dia, sudah melaporkan kematian gajah jantan tersebut ke polisi. BKSDA berharap orang yang menembak mati gajah tersebut dan mengambil gadingnya segera ditangkap.

"Walau sulit menemukan pelakunya, kami berharap kepolisian bisa mengungkap kasus kematian gajah yang ditembak tersebut," kata Sapto.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index