Selama 4 Bulan, 226 Siswa SMK Hasanah Jalani Prakerin

Selama 4 Bulan, 226 Siswa SMK Hasanah Jalani Prakerin
siswa yang akan mengikuti Prakerin dengan Kepala Sekolah dan majelis guru SMK Hasanah.

Riauaktual.com - Sebanyak 226 siswa kelas XI SMK Hasanah Pekanbaru mengikuti Praktek Kerja Industri (Prakerin). Pelepasan siswa prekerin ini dilakukan Kepala SMK Hasanah Pekanbaru Sondang Elisabet saat upacara bendera di halaman SMK Hasanah Jalan Cempedak, Pekanbaru, Senin (16/1).

Hadir saat pelepasan Camat Marpoyan Damai, Fiora Helmi, Babinsa Kelurahan Wonorejo, M Flanay, dan Lurah Wonorejo, Tan Ajaman, majelis guru, dan para siswa SMK Hasanah.

Kepala SMK Hasanah Sondang Elisabet mengatakan para siswa ini mengikuti prakerin selama 4 bulan. Mereka bakal ditempatkan di berbagai instansi perintahan dan swasta di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar. Menurut Sondang, prakerin ini  suatu keharusan bagi setiap siswa. Di mana, dari 226 siswa yang mengikuti prakerin kali ini  berasal dari tiga jurusan dengan enam program studi (prodi), meliputi Keperawatan.

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Multi Media (MM), Teknik Sepeda Motor, dan Teknik Kendaran Ringan.”Untuk lokasi prakerin tidak hanya ditetapkan pihak sekolah saja, namun kita memberi peluang bagi siswa bila ingin mencari tempat prakerin sendiri. Malah, sekitar 60 persen siswa kita yang mencari tempat prakerin sendiri. Bahkan, ada mereka mengikuti prakerin  hingga ke luar kota, seperti Kabupaten Kampar,” kata Sondang.

Selama mengikuti prakerin, kata Sondang, ada siswanya direkrut untuk bekerja ditempat magangnya setelah lulus sekolah. “Meski jumlahnya tidak banyak, namun potensi itu ada. Untuk siswa kita yang direkrut tempat mereka magang selama ini ada sekitar 10 persen dari jumlah siswa kita,” jelasnya.

Dirinya juga berpesan agar siswanya selama menjalankan tugas prakerin di tempat praktek masing -masing, tetap menjaga nama baik sekolah.” Ibu minta ananda harus serius menjalankan tugas, serta mentaati seluruh aturan yang ada dalam perusahaan industri ataupun tempat usaha di mana tempat prakerin dilaksanakan. Jaga nama baik sekolah,” ujarnya

Sementara Camat Marpoyan Damai Fiora Helmi mengimbau siswa untuk tetap disiplin dan menjaga kebersihan. Jika  sudah bisa menerapkan disiplin dan menjaga kebersihan maka di manapun berada pasti  disenangi orang, termasuk di tempat praktek kerja kalian. Dirinya bersama Babinsa dan Lurah Wonorejo ke SMK Hasanah juga mensosialisasikan tentang bela negara serta narkoba.

”Di era globalisasi saat ini berbagai informasi dengan mudah diperoleh sehingga ikut berdampak terhadap rasa kebangsaan makin luntur. Makanya, kita ingin mengembalikan rasa kebangsaan tersebut, terutama bagi generasi muda. Dan terpenting lag jauhi narkoba,” kata Fiora Helmi. (nik)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index