Baru pertama kali terjadi

Tak punya Laut dan Gunung, Mengapa Rokan Hulu Riau digoyang gempa?

Tak punya Laut dan Gunung, Mengapa Rokan Hulu Riau digoyang gempa?
ilustrasi

Riauaktual.com - Kabupaten Rokan Hulu, Riau, diguncang gempa berkekuatan 5,3 skala Richter pada Jumat, 13 Januari 2017 kemarin. Guncangan alam pada pukul 16.23 WIB ini memang tidak biasa karena di kabupaten tersebut tidak ada laut dan gunung.

Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru Sugarin, gempa berada di kedalaman 228 kilometer. Lokasi gempa tercatat pada 31 kilometer barat daya Kabupaten Rokan Hulu, tepatnya pada 0.76 Lintang Utara dan 100.43 Bujur Timur.

"Gempa ini tidak begitu terasa atau berdampak karena pusatnya cukup jauh dari permukaan," kata Sugarin, kemarin sebagaimana dikutip dari liputan6.

Sugarin juga menyebut belum menerima laporan kerusakan atau dampak yang ditimbulkan. Prediksinya tidak terjadi apa-apa karena pusat gempa berada sangat dalam.

Dia menjelaskan, gempa ini dipicu subduksi lempeng bumi Indo-australia dan Eurosia. Karena jauh di dalam tanah, gempa ini dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

Subduksi merupakan zona yang terdapat pada batas antarlempeng yang bersifat konvergen. Akibat perbedaan massa jenis antara kedua jenis lempeng tersebut, lempeng yang lebih besar massa jenisnya menunjam ke bawah lempeng lainnya.

Sementara itu, ‎Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu, Aceng Herdiana menyebut, gempa terjadi di Desa Lubuk Bilang, Kecamatan Rambah Samo. Tepatnya di perkebunan sawit PT Sawit Asahan Indah.

"Gempa tidak terasa sama sekali. Masyarakat di sana tidak tahu adanya gempa," kata Aceng.

Dia menyebut gempa ini baru pertama kalinya terjadi. Meski demikian, dia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada akan potensi gempa yang terjadi di kemudian hari.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index