Distributor katakan Stok pupuk untuk musim tanam 2017 dipastikan aman

Distributor katakan Stok pupuk untuk musim tanam 2017 dipastikan aman
ilustrasi

Riauaktual.com - Distributor pupuk di Kabupaten Indramayu memastikan stok pupuk aman untuk musim tanam tahun ini. Stok yang tersedia saat ini rata-rata mencapai hingga 100 ton per jenis pupuk. Untuk itu para petani diimbau tak perlu khawatir akan langkanya pupuk di pasaran.

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu distributor pupuk berskala besar di Kabupaten Indramayu. Direktur PT Mega Utama Sakti Dwi Hapsari mengatakan, saat ini ketersediaan stok pupuk bagi para petani mencukupi.

Adapun kata dia stok pupuk seperti SP 36, Ponska, ZA, urea dan organik dijamin aman. "Rata-rata ada 100 ton," ujar Dwi seperti dikutip bumn.go.id hari ini.

Sebelumnya diberitakan, petani di Kabupaten Indramayu kesulitan memperoleh pupuk SP 36. Wakil Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Indramayu Sutatang mengatakan, hal tersebut membuat para petani kebingungan. Petani kata dia, mengeluhkan langkanya ketersediaan pupuk SP 36 di pasaran meskipun tidak sepenuhnya menghilang.

Ia menambahkan, stok yang dimiliki saat ini akan disalurkan di 11 kecamatan di Kabupaten Indramayu di antaranya Terisi, Cikedung, dan Tukdana. Wilayah-wilayah tersebut berada di bawah naungan distributornya.

Lebih lanjut kecamatan tersebut kini tengah memasuki musim tanam yang butuh banyak pemupukan. Saat ini stok pupuk yang ada tinggal didistribusikan saja ke kios-kios pupuk di 11 kecamatan tersebut. "Normal sudah siap disuplai ke petani-petani," ujar dia.

Sejauh ini tidak ada permasalahan berarti terkait distribusi pupuk. Untuk itu para petani Indramayu diimbau tak perlu khawatir dan cemas menghadapi musim tanam kali ini mengingat melimpahnya persediaan pupuk di Indramayu. Terlebih saat ini tidak semua wilayah di Indramayu memasuki musim tanam. "Sebagian sudah panen dan sebagian lagi baru musim tanam," ujarnya.

Berkenaan dengan sulitnya petani memperoleh pupuk kata dia, hal tersebut disebabkan oleh beberapa kemungkinan. Salah satunya para petani kerap menyetok pupuk untuk musim tanam mendatang. Hal itu biasa terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Indramayu.

Ia menjelaskan, pupuk akan langka jika terjadi suatu kejadian besar yang tak diperkirakan. Misalnya saja pada tahun 2014 pasokan pupuk sempat tersendat karena rusaknya Jembatan Comal. Jika tidak ada suatu kejadian besar maka dipastikan stok pupuk aman bagi para petani.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index