Asik ! Masyarakat Kecamatan Rangsang Meranti Bakal Nikmati Listrik Siang Hari

Asik ! Masyarakat Kecamatan Rangsang Meranti Bakal Nikmati Listrik Siang Hari
Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi ketika melakukan kunjungan kerja di beberapa desa di Meranti

Riauaktual.com -  Selama ini kondisi masyarakat di Kecamatan Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti cukup memprihatinkan. Mereka hanya bisa menggunakan listrik pada malam hari.

Akan tetapi dalam waktu tidak akan lama lagi mereka akan dapat menikmati layanan listrik dari PT PLN pada siang hari seiring telah tuntasnya pembangunan Proyek pekerjaan pembangunan Hybrid PLTS-PLTD Provinsi Riau Kapasitas 150 kWp di Desa Teluk Rangsang.

Menurut Bupati Kepulauan Meranti Irwan, realisasi layanan listrik hanya menunggu kesepakatan antara Kementerian ESDM dengan pihak PLN Pusat.

"Secara fisik proyek pembangunan sudah selesai tinggal lagi pembicaraan di Pusat antara Kementerian ESDM dan pihak PLN," ujar Irwan saat kunjungan kerjanya dalam rangka Monitoring dan Evaluasi Proyek Pembangunan tahun 2016 di Kecamatan Rangsang, baru-baru ini.

Sekedar informasi, dari 9 Kecamatan yang ada 7 Kecamatan sudah dapat menikmati fasilitas layanan listrik siang dari PLN, tinggal 2 Kecamatan yakni Kecamatan Rangsang dan Kecamatan Rangsang Barat yang belum bisa menikmati listrik yang dikelola oleh perusahaan negara itu.

Agar masyarakat di dua Kecamatan tersebut dapat menikmati listrik di siang hari, Pemerintah Provinsi Riau membangun proyek pekerjaan pembangunan Hybrid PLTS-PLTD Kapasitas 150 kWp di Desa Teluk Rangsang, dan pembangunan serupa juga dilakukan di Desa Lemang Kecamatan Rangsang Barat. Kini pembangunan proyek tersebut sudah tuntas dan siap dioperasikan.

Untuk menggesa hal itu, Bupati Meranti tak ingin berlama-lama dirinya langsung memerintahkan H. Herman mantan Kadis Tamben Meranti yang kini menjabat Kadisperindag Meranti, untuk berangkat ke Jakarta dan berkoordinasi dengan Kementerian terkait agar fasilitas Hybrid PLTS-PLTD Kapasitas 150 kWp di Desa Teluk Rangsang dan Desa Lemang dapat difungsikan.

"Pak Herman sedang di Jakarta untuk mensinergikan penggunaan pembangkit ini di Kementerian ESDM semoga dapat segera difungsikan," harap Bupati.

Bupati Meranti sangat berharap, PLN bisa mengoperasikannya, karena baik pembangkit maupun jaringan pendukung sudah tersedia. "Semoga tercipta sinergitas antara PLN Pusat dan Kementerian ESDM dan pembangkit listrik ini dapat segera dinikmati oleh masyarakat," pungkasnya. (rr)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index