Ternyata Ezra Walian belum berstatus WNI

Ternyata Ezra Walian belum berstatus WNI
Ezra Walian

Riauaktual.com - Pemain muda Ajax Amsterdam Ezra Walian belum menyandang status sebagai warga negara Indonesia (WNI) dan sampai kini masih menjadi warga Belanda, kata Kepala Komunikasi Publik Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto, sekaligus membantah kabar di media sosial tentang Ezra yang kini resmi menjadi penduduk Indonesia.

"Intinya sampai sekarang permohonan Ezra masih ada di meja Presiden Joko Widodo dan belum tuntas prosesnya," kata Gatot di Kompleks Kemenpora, Jakarta, seperti dikutip dari rimanews, hari ini.

Ezra Walian merupakan penyerang yang kini bermain untuk Ajax Amsterdam U-21 di Liga Belanda kasta kedua, Eerste Divisie. Pemuda berusia 19 tahun ini memiliki darah Indonesia dari sang ayah, Glenn Walian, yang berasal dari Manado. Ibunya adalah warga negara Belanda. Kabar tentang selesainya proses naturalisasi Ezra Walian diungkapkan Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto, kemarin.

Menurut Gatot, kepastian Ezra menjadi warga Indonesia harus melewati beberapa rantai birokrasi.

Setelah permintaan diajukan PSSI ke Menpora Imam Nahrawi, permohonan dilanjutkan ke Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang lalu meneruskan ke Presiden Joko Widodo. Presiden, kata Gatot, juga harus mendapatkan persetujuan dari DPR terlebih dahulu.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index