Tenaga Kerja Lokal Harus Jadi Tuan Rumah Di Negeri Sendiri

Tenaga Kerja Lokal Harus Jadi Tuan Rumah Di Negeri Sendiri
ilustrasi

Riauaktual.com - Anggota Komisi E DPRD Riau yang membidangi masalah kesejahteraan rakyat, Ade Hartati Rahmad merasa resah dengan kondisi ketenagakerjaan khususnya peluang tenaga kerja lokal dalam mengisi peluang kerja yang ada di Riau terkait bebasnya tenaga kerja asing yang masuk yang memang sudah era globalisasi terutama MEA (Masyarakat Eknomi Asean).

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) harus berinovasi bagaimana tenaga kerja lokal tetap jadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Ini memang sudah jadi keresahan kita. Apa lagi Riau merupakan pintu gerbang atau berbatasan langsug dengan negara lain. Masuknya tenaga kerja asing tidak bisa terelakkan. Apalagi sudah era globalisasi atau Pemerintah sudah menyepakati adanya MEA. Jadi untuk keluar masuk kesebuah negara itu sudah bebas atau diperbolehkan," jelasnya memberikan penjelasan dengan tantangan yang dihadapi.

Mau tidak mau menurut Politisi PAN ini,  harus diatisipasi oleh Pemerintah Provinsi Riau terutama instansi terkait, Disnakertrans maupun Imigrasi.

"Koordinasi  antar instansi seperti apa terutama terhadap naker asing ilegal.  Kalau yang sah kita tidak bisa berbuat apa-apa, hanya bisa mempersiapkan naker lokal agar bisa bersaing dan jadi tuan rumah di negeri sendiri," tambahnya.

Dikatakan juga oleh Anggota dari Dapil Kota Pekanbaru ini, Disnakertrans selaku ujung tombak lakukan inovasi, langkah-langkah atau upaya bagaimana lapangan kerja yang ada di Riau diperuntukkan bagi tenaga kerja lokal.

Bagaimana naker lokal itu memiliki keahlian sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja yang ada.  Harus punya strategi atau upaya-upaya untuk naker lokal dengan menjamin bisa bekerja atau mengisi lowongan yang ada.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index