Waduh, ada jajanan anak TK mengandung narkoba ?

Waduh, ada jajanan anak TK mengandung narkoba ?
Kepala BNN Komjen Budi Waseso

Riauaktual.com - Badan Narkotika Nasional menemukan lima kasus makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak-anak TK telah dicampur atau terkontaminasi narkoba.

"Dari hasil penemuan dan juga laporan dari masyarakat, anak-anak TK terkontaminasi melalui makanan dan minuman dan ternyata mereka tidak perlu membayar," kata Kepala BNN Komjen Budi Waseso, di Denpasar, seperti dilansir Antara, hari ini.

Narkoba kerap kali disembunyikan dalam makanan apapun untuk mengelabui petugas. Sebelumnya sempat beredar permen mengandung narkoba, cokelat mengandung narkoba atau brownis berisi campuran ganja.

Kasus di Bali, kata Buwas, modusnya warung-warung di sekitar sekolah TK tersebut dibiayai oleh sindikat jaringan narkoba untuk memberikan campuran pada berbagai makanan dan minuman yang dijual.

"Harapannya tentu agar anak-anak itu akan addict (kecanduan), begitu addict maka akan menjadi pangsa pasar berikutnya," ucapnya di sela-sela acara pengukuhan relawan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) itu.

Menurut Budi Waseso, sengaja anak-anak dijadikan ajang peredaran narkoba oleh sindikat narkoba karena mereka tahu bahwa para pengguna sekarang ini akan pupus untuk beberapa tahun ke depan. Bahkan, di kalangan mereka menggunakan sandi regenerasi pasar.

Namun, dia enggan untuk merinci tempat-tempat ditemukan kasus anak TK tersebut agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

"Di Bali belum ditemukan, tetapi di beberapa daerah sudah, karena ada laporan dan kami dalami," ucapnya.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index