HOT TOPIC

Dewan Ingatkan Pemkab Serius dan Fokus Penataan Kota dan RTH

Dibaca: 6194 kali  Rabu,11 Januari 2017 | 17:50:47 WIB
Dewan Ingatkan Pemkab Serius dan Fokus Penataan Kota dan RTH Ket Foto : ilustrasi

Riauaktual.com - Pemerintah Kabupaten Pelalawan diminta lebih fokus terhadap penataan Kota terutama sekali Pangkalan Kerinci yang notabene merupakan Ibu kota Kabupaten Pelalawan, termasuk juga soal penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dinilai minim dan jikapun ada tidak terkelola dengan baik dan semestinya.

"Ya Pemkab Pelalawan harus lebih fokus dan berbenah dalam menata kota dan penyediaan RTH. Soalnya pengelolaan lingkungan didaerah perkotaan menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Kota adalah area penting bagi berbagai aktifitas manusia dan mereka merupakan konsumen terbesar dari sumber - sumber alam," papar Faisal, SE.M.Si Sekretaris Komisi I DPRD Pelalawan, hari ini.

Menurutnya, jika Pemkab Pelalawan tidak fokus dalam menata kota dan minim dalam penyediaan RTH bagi publik akan berdampak besar pada struktur tanah berupa lapisan tanah. Bangunan yang tak tertata rapi terkesan sembrawut ditambah sistem drainase yang buruk dan rusaknya ekosistem alam tentu akan berdampak buruk kedepannya.

"Contohnya saja jika musim penghujan datang bagaimana kondisi air di kota pangkalan Kerinci, banjir tak terhindarkan itu contoh yang mudah saja belum lagi dampak yang lainnya. Belum lagi kebutuhan publik terhadap Ruang Terbuka Hijau juga harus dipenuhi. Sebagian Kabupaten/Kota sudah giat - giatnya menyediakan RTH bagi masyarakatnya. Kita punya hutan kota dan ruang kreatif ya hanya saja tak dikelola dengan baik. Coba dikelola dengan baik kemudian disediakan lokasi - lokasi wisata alam dengan penempatan tempat - tempat kuliner yang tertata rapi tentu sangat indah dilihat. Ini harus perlahan - lahan mulai dilaksanakan," ucapnya.

Saat ini, sambung Faisal yang juga Ketua Fraksi Gerindra Plus DPRD Pelalawan menyebutkan penataan Kota Pangkalan Kerinci harus dievluasi kembali dan perlu pemetaan loksi secara rill tanpa menyampingkan keb utuhan masyarakat terhadap Ruang Terbuka Hijau.

"Pemkab harus serius dan fokus. Kita liat perkembangan jumlah penduduk, jumlah bangunan dan lain sebagainya. Ibukota Pangkalan Kerinci harus tertata dengan baik dan benar sehingga kedepannya akan berdampak lebih baik bagi generasi berikutnya dengan tetap melestarikan alam. Jangan dipandang sebelah mata karena dampaknya sangat besar dikemudian hari," tukas Faisal. (JYP)


Akses RiauAktual.Com Via Mobile m.riauaktual.com

BERITA TERKAIT

TULIS KOMENTAR

comments powered by Disqus
BERITA TERKINI
shadow