Kombes Pol Rivai Sinambela

Satu lagi oknum PNS Dinas Kehutanan Ditetapkan sebagai pelaku kasus pungli oleh Polda Riau

Rabu,11 Januari 2017 - 17:06:03 WIB Di Baca : 13964 Kali

Riauaktual.com - Dari hasil pengembangan lebih lanjut, terkait kasus Pungutan liar (pungli) yang dilakukan oleh oknum PNS di dinas Kehutanan, Polda Riau kembali menetapkan satu orang pelaku tambahan yang diduga sebagai otak pealku pungli.

"Kasus pungli ada penambahan satu orang lagi tersangka selaku otak pengkondisian uang sebesar Rp5 juta. Dia berinisial TA dan sekarang sedang dijemput oleh tim untuk dibawa kesini (Ditreskrimsus Polda Riau, red). Jadi jumlah tersangka ada empat," ungkap Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau Kombes Pol Rivai Sinambela, Rabu (11/01) siang.

Pada saat penangkapan, lanjut Rivai, pelaku sempat menghilang dengan menggunakan mobilnya. Oleh karena itu dia terpaksa dijemput oleh tim saber pungli agar tidak melarikan diri.

"Penangkapan dia ini, berdasarkan pemeriksaan tiga tersangka sebelumnya yang kita tangkap. Semuanya mengarah ke dia, dia diduga yang menyuruh menerima uang sebesar Rp5 juta tersebut," katanya.

Sebelumnya, tim saber pungli Ditreskrimsus Polda Riau mengamankan tiga orang oknum PNS Dinas Kehutanan berinisial SCH (39), JH (48) dan H (43) yang diduga melakukan pungli.

Mereka diduga melakukan pemerasan terhadap H Wan Muhammad Iqbal (49) dan diamankan saat berada di warung lontong, Jalan Dahlia, Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru, Sabtu (7/1/2017) sekitar pukul 10.30 WIB.

Kejadian ini bermula ketika para pelaku menangkap satu unit mobil colt diesel yang mengangkut kayu olahan dari Sumbar dengan tujuan Medan yang sedang melintas di Kubang Raya, Kampar, Kamis (5/1) sekitar pukul 21.30 WIB.

"Kemudian mobil tersebut hendak dibawa pelaku ke Sudirman untuk dilakukan negosiasi. Awalnya pelaku meminta uang sejumlah Rp30 juta, namun karena korban merasa surat-suratnya lengkap dia pun merasa keberatan. Akhirnya pelaku meminta Rp5 juta," jelas Rivai.

Karena merasa telah menjadi korban pemerasan, akhirnya Iqbal melaporkan kejadian yang dialaminya ke Ditreskrimsus Polda Riau.

"Saat korban memberikan amplop kepada pelaku yang berjumlah Rp5 juta, anggota yang sudah mendapatkan informasi langsung menangkap pelaku. Saat ini pelaku sudah diamankan di Subdit I Krimsus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," pungkas Direktur Kriminal Khusus Kombes POL Rivai sinambela. (BS)
 


Share Tweet Google + Cetak

Loading...
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com