Kombes Pol Rivai Sinambela didampingi Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo saat melakukan penunjukan barang bukti yang didapat kepada wartawan

Polda Riau amankan ratusan dus rokok ilegal

Rabu,11 Januari 2017 - 15:39:12 WIB | Di Baca : 11772 Kali

Riauaktual.com - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 302 dus rokok yang diduga menyalahi pita cukai di daerah Kecamatan Tenayan Raya, Selasa kemarin.

Dari upaya penggagalan ini, polisi turut mengamankan seorang pria berinisial TB yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dan sedang dilakukan pemeriksaan oleh penyidik di Ditreskrimsus Polda Riau.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau Kombes Pol Rivai Sinambela yang didampingi Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, Rabu (11/1) siang, mengatakan bahwa penangkapan tersangka TB ini bermula ketika anggotanya mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada rokok yang menyalahi pita cukai di dalam bungkusnya yang berasal dari Jawa yang akan masuk ke Riau.

"Kasus ini sudah dilakukan beberapa penyelidikan, kita dapat dari masyarakat bahwa di gudangnya yang terletak di daerah Tenayan Raya ada bungkusan rokok yang menyalahi pita cukai," ungkapnya.

Lebih lanjut mantan Direktur Reskrimum Polda Riau ini menuturkan bahwa rokok ini berasal dari daerah Sidoarjo, Jawa Timur dan hendak diedarkan di wilayah Pekanbaru dan sekitarnya.

"Rokok berasal dari daerah Sidoarjo, pemesanan barang atas nama Mulyadi tapi dia tidak disini melainkan di Batam. Disini dia berkoordinasi dengan TB untuk di daerah Riau," jelasnya.

Adapun daftar rokok yang diamankan berupa 20 kotak rokok merk profile warna biru, 70 kotak rokok merk 323, 152 kotak rokok merk Evo, 22 kotak rokok merk Batu Ampar, 9 kotak rokok merk M Zone dan 29 kotak rokok merk warna merah.

"Total 302 dus tersebut ada 6.040 slop, 60.400 bungkus. Kita akan melakukan koordinasi dengan pihak bea cukai untuk kasus ini. Atas perbuatan tersangka, dia pun akan disangkakan pasal 39 tahun 2007 tentang bea cukai," tutupnya. (BS)

Share Tweet Google +
Tulis KomentarIndex
Follow Kami Index
FOLLOW Twitter @riauaktual dan LIKE Halaman Facebook: RiauAktual.com



Berita TerkaitIndex