2017, Jatah Pekanbaru Hanya 3500 Sambungan Gas Rumah Tangga

2017, Jatah Pekanbaru Hanya 3500 Sambungan Gas Rumah Tangga
ilustrasi

Riauaktual.com - Untuk tahun 2017 ini, Kota Pekanbaru hanya mendapat jatah 3500 sambungan gas dari Petagas Niaga. Jumlah ini masih jauh jika dibandingkan usulan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru ke pihak Pertamina.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Kota Pekambaru, Mas Irba H Sulaiman ketika ditemui, Selasa (10/1) diruang kerjanya mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah mengusulkan sambungan gas tersebut sebanyak 5000. Namun yang disetujui hanya 3500 sambungan.

"Kepastian kita mendapat jatah 3500 sambungan gas rumah tangga untuk tahun 2017 ini sudah kita dapatkan informasinya dari Pertamina," ujar Irba.

?Menurut Irba, jatah sebanyak 3.500 sambungan gas rumah tangga tersebut akan di alokasikan untuk tiga kecamatan yang ada di Kota Pekanbaru.

"Adapun 3 kecamatan yang mendapat jatah sambungan gas tahun ini adalah Kecamatan Senapelan, Pekanbaru Kota, dan Sail. Masyarakat ketiga kecamatan ini sudah mulai melakukan pendaftaran," paparnya.

?lebih jauh dikatakan Irba, tahap pertama ditahun 2016 kemarin, pihak PT Pertagas Niaga sudah menginstalasi jaringan gas sebanyak 3.713 sambungan. Teruntuk Kecamatan Lima Puluh, dengan empat kelurahan percontohan yakni Rintis, Pesisir, Tanjung Rhu, dan Sekip.

"Artinya jika ditambah dengan alokasi 2017, sudah ada 7.213 sambungan gas rumah Tangga nantinya," terang Irba.?

Irba mengatakan, kendatinya sudah banyak sambungan gas. Namun bisa dipastikan bahwa niaga elpiji bersubsidi tidak akan berpengaruh.

"Sambungan gas ini tidak akan begitu berpengaruhlah. Karena gas bersubsidi di Kota Pekanbaru masih dominan dikonsumsi UMKM dari pada rumah tangga," ulasnya.

Dalam satu bulan, lanjut Irba, pihak Pertamina sudah alokasikan 600 ribu tabung gas 3 kg ke Pekanbaru. Jumlah masih kurang, sehingga Disperindag Pekanbaru  sudah usulkan penambahan  kuota sekitar 5 %. Dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) elpiji bersubsidi Rp 18.000 per tabung.? (YAN)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index